Ini Dia Cara Membedakan Kontraksi Asli dengan Kontraksi Palsu

Ini Dia Cara Membedakan Kontraksi Asli dengan Kontraksi Palsu – Jika ibu sudah memasuki trimester kedua masa kehamilan, beberapa dari ibu pasti pernah merasakan kontraksi.

Namun, kontraksi tersebut bukan menandakan kontraksi akan melahirkan, melainkan hanya kontraksi palsu yang disebut Braxton Hicks.

janin

Braxton Hicks merupakan istilah medis yang menjelaskan tentang kontraksi palsu. Hal ini adalah kondisi normal, yaitu tubuh ibu hamil akan menyesuaikan kondisi rahim dan jalan lahir sebelum proses persalinan dilakukan.

Kontraksi palsu kadang membuat ibu cemas karena ibu takut akan kelahiran prematur. Untuk itu cobalah kenali yang mana merupakan kontraksi asli dan kontraksi palsu.

Ada beberapa perbedaan signifikan yang bisa anda ketahui untuk membedakannya. Ini dia cara membedakan kontraksi asli dengan kontraksi palsu.

  • Anda dapat membedakan kontraksi asli dan palsu melalui apa yang anda rasakan saat terjadi kontraksi. Kontraksi palsu akan berdampak pada rasa mulas, tetapi tidak merasakan nyeri. Hal ini dapat dirasakan pada bagian atas rahim hingga bagian bawah. Sedangkan pada kontraksi asli, ibu akan merasakan rasa mulas serta nyeri dari bagian pinggang hingga bagian perut bawah.
  • Kontraksi palsu biasa terjadi pada trimester kedua yaitu pada usia 20 minggu. Tentunya perbedaan waktu yang cukup jauh dengan usia kelahiran yang normal yaitu 41 minggu. Kontraksi asli justru malah muncul pada trimester akhir. Hal ini dikarenakan proses persalinan semakin dekat.
  • Ibu dapat membedakan kontraksi melalui durasi. Kontraksi palsu biasa terjadi selama 20 detik hingga 2 menit. Sedangkan kontraksi asli hanya berlangsung 30 – 60 detik dan yang paling lama hanya 75 detik saja.
  • Ibu juga dapat membedakan dari rasa nyeri yang terjadi. Kontraksi palsu akan menghilang begitu saja, bahkan ketika anda mengganti posisi duduk atau berbaring. Sedangkan kontraksi asli, kekuatan kontraksi akan terus bertambah dan rasa sakit semakin terasa di daerah kewanitaan, seperti akan keluar sesuatu.

Baca Artikel Lainnya :

Jika kontraksi palsu malah mengganggu anda, sekiranya ada beberapa hal yang bisa ibu lakukan untuk mengatasi hal ini. Seperti jalan – jalan kecil, megganti posisi, dan istirahat yang cukup.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *