Ini Dia Cara Menjaga Agar Ingatan Tetap Prima dan Tajam

Kita semua pasti pernah mengalami lupa. Namun, bagaimana jika hal tersebut terjadi berulang kali hingga menjadi semakin parah? Tentunya anda harus waspada. Sayangnya, menurut hasil penelitian ketajaman ingatan manusia sudah pasti akan semakin berkurang seiring bertambahnya umur anda.

e 21

Semakin anda tua, semakin kurang ketajaman daya ingat anda. Ketika seseorang mencapai umur 20 tahun. Otak mulai kehilangan zat neuron dan tubuh semakin sedikit menghasilkan zat yang diperlukan oleh otak.

Tetapi tenang saja, anda tidak perlu khawatir yang berlebihan akan hal itu karena proses tersebut dapat diperlambat. Berdasarkan anjuran dari pakar kesehatan, berikut ini ada beberapa tips tentang kesehatan yang bisa kita lakukan untuk membuat ingatan kita tetap tajam.

1. Olahraga Secara Teratur

Kita semua tahu bahwa olahraga sangat dibutuhkan untuk membuat otot-otot kita menjadi kuat. Akan tetapi selain itu juga, Olah raga ternyata bisa membantu merawat otak kita.

Latihan kardiovaskular dapat mencegah hilangnya daya ingatan kita. Para dokter menganggap hal itu dapat terjadi karena olahraga bisa menambah tingkat laju sirkulasi darah menuju ke otak dan juga mengurangi hilang ingatan akibat menua.

Dengan olahraga yang melibatkan otak juga dapat membantu mengurangi penyakit hilang ingatan. Olahraga china seperti latihan Qi Qong dan senam Tai Chi juga terbukti lebih ampuh membuat kemampuan otak dalam belajar dan membuat daya ingat meningkat.

Untuk diingat, jangan pernah melakukan latihan Aerobic dengan berlebihan. Olahraga yang terlalu menguras banyak tenaga hingga membuat dehidrasi bisa mengganggu fungsi memori otak kita.

2. Minum Suplemen Penambah tingkat Kemampuan Otak

Di samping itu, masih ada lagi nutrisi lainnya yang bisa menambah daya fungsi otak dan mencegah hilang ingatan. Sebut saja Vitamin B, Phosphatidylcholine, Ginkgo Biloba, Phosphatidylserine dan Amino acid.

3. Makan Makanan yang Sehat dan Bergizi

Sebagai tambahan, elemen yang terkandung di dalam buah dan sayuran seperti Vitamin B, Curcuma, Niacin dan Folic Acid bisa membantu mengurangi resiko penyakit Alzheimer dan mencegah kerusakan memori otak.

4. Kurangi Konsumsi Minuman Keras

Hasil penelitian terbaru para ahli mengungkapkan bahwa hilang ingatan juga sering terjadi kepada peminum kelas biasa. Alkohol bisa mempengaruhi kemampuan otak untuk membuat ingatan jangka panjang yang baru.

Hal tersebut berlaku juga bahkan untuk peminum yang hanya meminum satu atau dua gelas minuman keras saja.

Baca Artikel Lainnya :

5. Melakukan Olahraga Otak

Banyak hal yang dapat dilakukan untuk melatih otak anda. Contoh sederhananya saja ialah seperti bermain puzzle, bermain catur hingga membaca buku atau majalah.

Selain itu, belajar bahasa asing, bermain alat musik juga dapat dilakukan untuk membuat otak berolah raga. Kuncinya ialah melakukan kegiatan olahraga tersebut secara teratur.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *