Ini Dia Daftar Lapisan Atmosfer yang Harus Anda Ketahui

Bumi yang kita huni merupakan sebuah planet kehidupan dengan lapisan udara yang melapisi permukaan terluar untuk menangkal serangan sinar inframerah matahari. Lapisan pelindung atau perisai bumi adalah atmosfer.

e 97

Jika diamati lebih dalam, lapisan atmosfer terdiri dari berbagai lapisan, di antaranya:

Lapisan 1: Troposfer

Lapisan ini adalah lapisan udara yang ada di atas permukaan bumi. Troposfer mencapai 18.000 meter di khatulistiwa dan sekitar 8.000 meter di kutub. Sama seperti di bumi, semakin menuju lapisan ke atas, permukaan troposfer akan semakin dingin. Dalam lapisan ini para ahli juga menemukan terjadinya awan, hujan bahkan pelangi.

Lapisan 2: Stratosfer

Lapisan kedua adalah stratosfer yang mencapai ketinggian 50.000 meter di atas troposfer. Stratosfer dibagi menjadi dua lapisan lagi, yaitu: lapisan isothermal dan lapisan inversi. Lapisan isothermal bersuhu sangat rendah sekitar minus 600 derajat celcius.

Namun, di lapisan inversi, kondisi udara semakin naik akan bertambah suhunya menjadi lebih panas. Mencapai ketinggian sekitar 50.000 meter suhu udara akan menjadi minus 500. Penyebab terjadinya fenomena ini adalah gas atau lapisan ozon.

Lapisan 3: Mesosfer

Berada di atas stratosfer, mesosfer menjadi lapisan ketiga dengan ketinggian antara 50.000 meter ke atas. Temperatur udara pada mesosfer akan semakin dingin jika naik ke atas. Apabila terdapat meteor pada lapisan ini biasanya akan meledak atau terbakar sehingga tidak akan pernah sampai ke permukaan bumi.

Lapisan 4: Thermosfer

Lapisan ini disebut sebagai lapisan panas dari asal namanya therm atau suhu. Bahkan, suhu tertinggi pada lapisan ini bisa mencapai lebih dari 10.000 kalor. Pada lapisan ini manusia bisa memanfaatkan sebagai alat komunikasi untuk memancarkan gelombang bumi panjang atau gelombang radio untuk berkomunikasi ke seluruh belahan bumi.

Baca Artikel Lainnya :

Lapisan 5: Eksosfer

Lapisan terluar atmosfer adalah eksosfer. Pada lapisan ini para antariksawan sering datang-pergi silih berganti. Tak jarang, astronot yang berada pada lapisan ini akan tampak melayang-layang karena pengaruh gravitasi yang sangat minim.

Sangat bersyukur, bumi dilindungi lapisan atmosfer yang mampu menangkal sinar inframerah matahari. Nah, Anda sudah tahu lapisan-lapisan atmosfer, kan? Terus belajar dan membuka wawasan Anda.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *