Ini Dia Desa Paling Tinggi Di Klaten

Selama ini lebih banyak orang yang mengenal kawasan Selo di Boyolali sebagai basecamp dari pendakian Gunung Merapi. Namun sebenarnya tahukah Anda jika di Klaten juga ada basecamp pendakian Merapi di wilayah Desa Tegal Mulyo, Kecamatan Kemalang, Klaten. Sapuangin adalah nama basecamp yang terletak di Dusun Pajekan tersebut.

e 28

Dusun Pakejan adalah wilayah yang paling tinggi di Klaten dan langsung berbatasan dengan Taman Nasional Gunung Merapi.  Dari Puncak Merapi bahkan jaraknya hanya sekitar 4 sampai dengan 5 Km.

Meskipun memang jaraknya cukup dekat, namun untuk bisa mencapai Puncak Merapi menggunakan jalur tersebut akan memakan waktu yang tergolong cukup lama yaitu 8 sampai dengan 10 jam.

Jalur pendakian Sapuangin resmi dibuka sejak tahun 2001 oleh komunitas pecinta alam yang ada di Klaten. Pembukaan jalur Sapuangin juga didahului dengan tragedi hilangnya 1 orang pendaki Merapi di sekitar jalur pendakian yang ada saat ini pada tahun 1999.

Tragedi tersebut kemudian mengakibatkan 3 orang pendaki meninggal dunia. Kemudian karena tragedi tersebut dibukalah jalur pendakian secara resmi guna mengantisipasi kejadian yang sama terulang lagi.

Bukan hanya menyuguhkan jalur pendakian, namun di sekitar Dusun Pajekan juga memiliki berbagai macam potensi wisata menarik lainnya. Karena berada di ketinggian, maka wilayah ini menyuguhkan panorama yang cukup indah.

Kehidupan semua masyarakat di kaki Gunung Merapi termasuk cukup sederhana akan memberikan suatu pengalaman tersendiri. Di sekitar Sapuangin Anda juga bisa menyaksikan aktivitas semua warga yang saat ini sebagian besar berprofesi sebagai petani, baik itu menggarap sawah maupun mencari rumput.

Baca Artikel Lainnya :

Berbagai macam aktivitas yang berhubungan dengan alam juga bisa Anda nikmati mulai dari camping, makrab, outbond hingga hunting foto. Paket atraksi wisata layaknya kunjungan pertanian, tracking yang dilakukan di kawasan hutan konservasi dan tradisi wiwitan panen menjadi pilihan lain.

Kawasan Tegal Mulyo bahkan memiliki track down hill degan panjang 23 kilometer bagi pecinta olahraga ekstrem yang berkunjung ke desa paling tinggi di Klaten ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *