Ini Dia gaya Kebaya Kartini Modern dari Bahan Batik Jumputan

Batik Jumputan merupakan batik yang dikerjakan dengan cara ikat celup, diikat dengan tali dan dicelupkan ke dalam wadah yang berisi beberapa warna. Batik ini tidak menggunakan malam tetapi kainnya diikat atau dijahit dan dikerut dengan memakai tali. Proses pengerjaannya harus hati – hati sehingga mendapatkan motif yang rapi.

Ada dua teknik membuat batik jumputan, pertama adalah teknik ikat, dan yang kedua adalah teknik jahitan.

3

Teknik ikatan adalah bagian kain yang memang disediakan untuk diikat sekencang – kencangnya ketika akan dicelup ke dalam wadah warna agar tidak terkena warna, sehingga setelah ikatannya dilepas, maka akan terbentuk gambar yang menarik, sedangkan teknik jahitan adalah kain yang diberi pola terlebih dahulu lalu dijahit dengan memakai tusuk jelujur pada garis warnanya dengan menggunakan benang, lalu benang ditarik kuat sehingga kain berkerut menjadi rapat.

Pada waktu akan dicelup, benang yang rapat akan menghalangi warna masuk ke pori – pori kain, benang yang dipakai adalah jenis benang yang tebal dan kuat seperti benang plastik / sintesis, benang jins, atau benang sepatu.

Hasil jumputan teknik jahitan ini berupa titik – titik yang sambung – menyambung untuk membentuk gambar.

Batik jumputan saat ini banyak diaplikasikan sebagai kebaya Kartini modern untuk wanita karir dan para remaja putri, dimana seiring waktu mengalami banyak perubahan dan perkembangan,

Kebaya tradisional Indonesia juga turut berkembang lebih modern yang tepat dikenakan oleh kaum muda yang selalu ingin tampil anggun dan bergaya. Apabila anda ingin melihat inspirasi padupadan model kebaya Kartini modern terkini dari bahan batik jumputan ? Berikut enam diantaranya yang bisa anda contoh :

1). Lovely Pink. Tampil feminin dengan padu padan model kebaya Kartini modern dari batik jumputan jenis kutubaru pink dan rok model A – line dari batik Sogan,

Cocok anda kenakan untuk acara resmi di luar kantor bersama pasangan tercinta. Pilih warna – warna yang lembut sesuai dengan warna kulit, dijamin penampilan anda akan sempurna dengan catatan anda adalah pemilik tubuh yang ideal.

2). Langgam Jepara. Hilangkan kesan monoton dalam busana semi resmi anda dengan cara memadukan tunik abu – abu dari batik jumputan dengan padu padan bagian bawah memakai celana pensil motif tenun Jepara.

Serasikan motif dan warna dengan warna kulit serta asesoris yang digunakan sebagai penambah manis penampilan anda. Fashion ini cocok dikenakan oleh remaja putri untuk pesta semi resmi di pantai.

3). Simply Beauty. Atasan batik jumputan dengan model baju kurung sederhana mampu menonjolkan kecantikan alami dari motif kain batik jumputan khas kota Cirebon.

Anda dapat memadukan bawahannya dengan celana blue jeans, dijamin hari santai anda akan berjalan dengan serasi.

4). Nuansa Cokelat. Inspirasi padu padan model kebaya Kartini modern dengan batik jumputan bermotif sederhana dengan warna – warna lembut sangat cocok untuk acara jamuan semi formal di siang hari. Padankan kebaya Kartini dan rok A – line model overslag dari batik tulis motif Parang.

5). Gaya Jumputan. Anda suka kain jumputan yang etnik tanpa terkesan berat saat dikenakan pada sebuah acara pesta semi resmi atau acara pesta d kantor ?

Cobalah inspirasi padu padan model kebaya Kartini modern dari batik jumputan dengan kombinasi atasan berwarna oranye dan bawahannya adalah rok H – line bermotif jumputan dengan warna serasi.

6). Force of nature. Kesan unik dan effortless didapat dari kebaya Kartini modern dari kain batik jumputan berwarna hijau lembut dan celana model palazzo dari batik tulis berwarna natural.

Baca Artikel Lainnya :

Demikian saran dari kami, semoga ada yang berkenan dengan kesukaan anda sehingga nyaman dikenakan saat anda menghadiri sebuah pesta di rumah, di kantor atau acara – acara semi resmi lainnya.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *