Ini Dia Ilmuwan Indonesia Yang Klaim Bisa Membuat Ginjal Buatan

Ini Dia Ilmuwan Indonesia Yang Klaim Bisa Membuat Ginjal Buatan – I Gede Wenten yang merupakan seorang pengajar di Departemen Teknik Kimia ITB (Institut Teknologi Bandung) belum lama ini menerima penghargaan Achmad Bakrie 2014 dalam kategori teknologi.

w

I Gede Wenten merupakan seorang ilmuwan Indonesia yang berhasil menemukan teknologi membran, yaitu alat yang mampu menyaring dan menyerap berbagai macam limbah dari teringan hingga paling beracun dan bisa diminum.

Satu-satunya pemegang hak paten bioteknologi membran

Gede Weten juga merupakan satu-satunya pemegang hak paten dari bidang bioteknologi membran. Pada hal lain ia juga berhasil menemukan aplikasi teknologi membran yang pada akhirnya diterapkan di dalam dunia medis yakni pencucian darah untuk penderita gagal ginjal.

Wenten menyatakan bahwa temuannya merupakan satu-satunya di dunia. Seperti yang disampaikannya dalam pidato penghargaan Achmad Bakrie di Jakarta, 10 Desember 2014 silam.

Dijelaskannya bahwa alat yang ditemukannya itu merupakan pipa kecil sebagai penyaring molekuler yang dapat digunakan sebagai filter air laut hingga menjadi air tawar dan bisa diminum.

Selain itu Wenten juga sempat menuturkan bahwa dalam dunia akademik setiap orang bebas berbicara apa saja sampai tingkatan yang tertinggi.

Menurut pria asal Buleleng, Bali ini teknologi itu fatamorganik, dimana semakin teknologi itu didalami akan semakin tidak nyata tetapi bisa diwujudkan.

Berharap temuan ginjal buatan bisa direspon

Beberapa temuan Wenten tentang membran telah masuk ke dalam dunia industri serta dikomersilkan. Tetapi tidak semua temuannya dikomersilkan, contohnya untuk kemanusiaan yang bukan menjadi suatu barang komoditas.

Baca Artikel Lainnya :

Wenten mengklaim bahwa dirinya bisa membuat ginjal buatan guna membantu cuci darah. Namun dalam hal ini ia tidak bisa mengkomersilkan hasil temuannya. Butuh pemerintah untuk turun tangan.

Sehingga ia sangat berharap pemerintah bersedia merespon ginjal buatan hasil temuannya untuk cuci darah hingga di masa mendatang bisa dimanfaatkan para penderita gagal ginjal yang ada di tanah air.

Kita tunggu saja apakah hasil temuan anak negeri yang luar biasa ini bisa digunakan dalam membantu dunia medis. Terutama dalam membantu penderita gagal ginjal.

Loading...

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *