Ini Dia Kampus Favorit di Indonesia yang Banyak dituju Calon Mahasiswa

Generasi muda Indonesia semakin sadar akan pentingnya pendidikan bagi masa depannya dan sekaligus masa depan negeri tercintanya. Hal ini dibuktikan dengan antusiasme mereka dalam mengejar pendidikan di universitas, baik negeri maupun swasta.

c 106

Boleh jadi jajaran universitas terbaik Indonesia tidak menjadi alternatif bagi sebagian peserta seleksi masuk perguruan tinggi baik SNMPTN, SBMPTN, maupun Mandiri. Sebab, mungkin ada hal-hal lain yang membuat mereka memutuskan pergi ke universitas lain saja.

Seperti misalnya, grade yang dirasa terlalu tinggi, biaya pendidikan yang tinggi pula, biaya hidup di kota tempat kampus tersebut berada, jaraknya dari tempat tinggal calon mahasiswa dsb.

Beberapa kampus berikut ini dapat Anda jadikan acuan atau sekedar wawasan tentang perguruan tinggi yang paling banyak diminati di Indonesia:

1. Unpad

Universitas Padjajaran atau disingkat Unpad, tercatat memiliki pendaftar calon mahasiswa terbanyak di Indonesia yaitu 72.272 pelamar.

Menurut seorang dosen Universitas Negeri Yogyakarta, hal ini disebabkan oleh ketentuan pemerintah yang mengharuskan setiap pelamar untuk memilih satu dari dua pilihan universitasnya di daerah asal. Sedangkan Jawa Barat merupakan daerah dengan jumlah penduduk yang padat sehingga jumlah peminat ke perguruan tingginya pun banyak.

2. UGM

Universitas Gajah Mada atau UGM menempati posisi kedua dengan jumlah pendaftar sebanyak 62.875 orang. UGM masih merupakan universitas yang paling diminati oleh banyak pendaftar.

3. USU

Universitas Sumatra Utara atau USU menyusul di tempat ketiga dengan jumlah pendaftar yaitu 60.308 orang.

4. Undip

Universitas Diponegoro atau Undip merupakan PTN yang paling diminati nomor 4 se-Indonesia dengan perolehan pendaftar sebanyak 57.527 orang.

5. UB

Universitas Brawijaya atau biasa disingkat UB meraih posisi ke-5 yaitu dengan perolehan pendaftar calon mahasiswa sebanyak 56.900 orang.

6. Unnes

Universitas Negeri Semarang atau disingkat Unnes menempati posisi ke-enam dari daftar perguruan tinggi paling diminati yaitu dengan pendaftar sebanyak 51.116 orang.

7. UPI

Universitas Pendidikan Indonesia atau UPI memiliki pendaftar sejumlah 49.197 orang.

8. UNS

Universitas Sebelas Maret (UNS) merupakan fusi atau gabungan beberapa universitas di Solo yang kini menjadi fakultas-fakultas disana. Jumlah pendaftar yang meminati ke universitas ini sejumlah 46.997

9. UNY

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) merupakan universitas hasil pengembangan IKIP Yogyakarta yang sudah berdiri sejak tahun 1964. Hasil perolehannya menunjukkan 46.997 orang mendaftar kesana.

Baca Artikel Lainnya :

10. UM

Universitas Negeri Malang berada di posisi ke-sepuluh dari daftar ini dengan peminat sejumlah 43.116 orang. Baru tahun 1999 universitas ini resmi menyandang nama UM, karena sebelumnya ia merupakan IKIP Malang.

Daftar ini didasarkan pada pendaftaran masuk perguruan tinggi tahun 2014/2015 lalu. Melonjaknya minat ke perguruan tinggi juga disebabkan oleh tertariknya calon mahasiswa untuk mendapatkan bantuan pendidikan dari Dikti yaitu Bidik Misi.

Loading...

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *