Ini Dia Kegunaan Uap Air yang Berada di Atmosfer

Lapisan atmosfer merupakan lapisan pelindung yang sangat penting bagi planet bumit. Jika planet-planet lainnya tidak terdapat kehidupan, salah satu penyebabnya adalah tidak memiliki lapisan udara alias atmosfer. Atmosfer terdiri dari berbagai unsur penyusun.

c 57

Yang paling besar adalah gas. Sesuai namanya, atmosfer atau yang biasa dikenal dengan lapisan udara. Ada berbagai jenis gas yang menyusun atmosfer, di antaranya seperti nitrogen, oksigen dan argon.

Meski terdiri dari berbagai udara atau gas, atmosfer memegang peranan penting dalam terjadinya cuaca yang mendukung organisme atau makhluk agar bisa bertahan hidup di planet bumi. Uap air yang terdapat di dalam atmosfer bervariasi tergantung lokasi dan waktu. Lantas, apa ya kira-kira kegunaan uap air di dalam atmosfer? Yuk, kita cari tahu…

Prediksi cuaca

Kondisi suatu lingkungan daerah juga berpengaruh pada pembentukan atmosfer. Misalnya saja seperti daerah dingin di kutub atau daerah Artik, uap air pada daerah ini bisa naik ke atas atmosfer dan menyusun atmosfer dengan sumbangan berjumlah sekitar 1% uap air.

Di lain tempat, seperti daerah lembap dan daerah tropis, bisa menyumbangkan uap air hingga 4%. Uap air adalah gas yang sangat berguna untuk memperkirakan dan mempelajari tentang atmosfer. Kadar uap air yang ditemukan dalam atmosfer jumlahnya tetap, namun bisa berubah-ubah sesuai lokasi.

Pada lokasi yang sangat tinggi kelembapan, udaranya menjadi kering, para ahli bisa memprediksi cuaca dengan melihat intensitas kadar uap air di awan. Jika sebagian besar awan  terdiri dari uap air maka bisa diprediksi jika akan terjadi hujan atau salju.

Prediksi suhu

Secara sederhana, uap air juga bisa dipakai untuk memprediksi suhu. Sebagai gambaran, coba ingat-ingat ketika tubuh Anda sedang gerah saat cuaca panas. Tubuh memiliki sistem pendingin secara alami agar suhu tubuh berangsur-angsur menurun.

Baca Artikel Lainnya :

Sistem itu adalah keringat. Sama seperti keringat, uap air membawa kelebihan panas naik ke udara. Hal yang sama terjadi dengan permukaan bumi. Ketika air laut menguap, panas ditransfer ke atmosfer bumi ketika udara naik. Sementara, ketika hujan, panas kembali ditransfer dari atmosfer ke permukaan bumi.

Apalagi kegunaan uap air yang ada di dalam atmosfer yang Anda ketahui? Mari terus berbagi ilmu…

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *