Ini Dia Komposisi Media Kultur Untuk Tanaman

Media kultur yang digunakan untuk tanaman dalam metode pembudidayaan kultur jaringan perlu memperhatikan komposisi unsur kimia yang digunakan dalam mempercepat proses pertumbuhan dan perkembangan tanaman.

g 88

Dalam mengendalikan dan mengatur pertumbuhan memang membutuhkan Zat pengatur tumbuh atau yang dikenal dengan istilah ZPT. Umumnya ZPT ini adalah sitokinin, giberelin, hingga auksin yang sering digunakan dalam kultur jaringan.

Unsur-unsur tersebut digunakan untuk merangsang pertumbuhan kalus, suspesi gel, hingga akar dan organ pada tanaman, misalnya Naftanel Acetid Acid atau dikenal (NAA).

serta merangsang pertumbuhan tunas pucuk pada tanaman serta berfungsi juga untuk perbanyakan sel dan pembentukan kalus. Unsur hormone pertumbuhan tersebut harus tepat komposisinya dalam penerapannya, karena akan berakibat menghambat pertumbuhan.

Selain unsur  hormone yang ditambahkan perlu juga menambahkan unsur hara secara makro dan mikro yang diperlukan oleh tanaman. Unsur-unsur tersebut diantaranya adalah garam-garam mineral, Nitrogen (N), Kalium (K), Kalsium (Ca), serta Sulfur (S) dan Masih banyak lagi.

Manfaat ditambahkannya unsur-unsur hara tersebut dalam kultur jaringan adalah untuk membentuk protein dan berbagai senyawa organik lainnya, menjaga metabolisme energy, untuk pembentukan karbohidrat, pemanjangan sel tanaman,dan memperkuat tubuh tanaman, merangsang tumbuhnya bulu-bulu akar, serta tahan terhadap serangan yang dilakukan oleh pathogen.

Fungsi lainnya juga untuk memperbanyak sel dan akar, dn mengerskan batang serta memperbanyak produksi cadangan makanan.

Selain bermanfaat untuk pertumbuhan dan perkembangan tanaman, unsur hara lainnya juga digunakan untuk memproduksi cadangan makanan yang dibutuhkan bagi tanaman. Misalnya seperti magnesium (Mg) yang berfungsi untuk pembentukan protein dan dapat memningkatan kandugan fosfat.

Dari beberapa penjelasan mengenai unsur yang dibutuhkan dalam kultur jaringan, maka dapat disimpulkan bahwa membudidayakan tanaman dengan menggunakan metode tersebut tidak dapat dikatakan mudah, maupun tidak dapat dikatakan sulit.

Baca Artikel Lainnya :

Mudah dikarenakan tidak membutuhkan lahan yang besar dan banyak, Namun sulit karena berkaitan dengan perkembangan dan pertumbuhan sel tanaman yang akan dibudidayakan.

Dengan demikian diharapkan masyarakat dapat meenerapkan kultur jaringan dengan baik berdasarkan dengan penjelasan komposisi yang dibutuhkan yang telah disampaikan tersebut dalam menerapkan kultur jaringan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *