Ini Dia Manfaat Cabe saat Sahur dan Berbuka Puasa Yang Harus Anda Tahu

Sambal termasuk makanan penggugah selera yang sangat khas. Hampir semua orang selalu tergoda dan menyukai cita rasa pedas sambal. Meskipun beberapa orang dengan masalah pencernaan atau memiliki penyakit yang bertentangan dengan pedas cenderung menjauhinya, pedas secara umum tetap digemari dan terbukti mampu meningkatkan nafsu makan.

f 46

Kandungan nutrisi dalam cabe

Cabe diketahui mengandung serat dan vitamin khususnya vitamin A, vitamin Ca beserta mineral dan juga antioksidan. Bukan hanya itu, namun cabe juga memiliki kandungan capsaisin yang menimbulkan cita rasa pedas pada cabe.

Khasiat dari capsaisin sendiri mampu membangkitkan nafsu makan, merangsang timbulnya rasa mulas saat buang air besar dan karena memiliki sifat analgetik bisa bermanfaat di dalam membantu mengurangi sakit kepala. Bahkan cabe juga meningkatkan metabolisme tubuh, dengan begitu proses pembakaran kalori akan menjadi lebih baik.

Mengonsumsi cabe ketika sahur dan buka puasa

Secara umum jika Anda tidak bermasalah dengan pencernaan, maka cabe bisa dikonsumsi. Namun harus dalam jumlah yang sewajarnya saja. Sebab manfaat cabe justru membantu melancarkan buang air besar yang terkadang sulit ketika sedang berpuasa.

Hal ini dikarenakan aktivitas gerak maupun asupan minum yang sangat kurang. Cabe mampu membantu Anda melancarkan buang air besar. Bahkan komponen cabe yang mengandung vitamin beserta mineral tinggi juga sangat diperlukan selama berpuasa.

Manfaat cabe bagi kesehatan sendiri diantaranya adalah membantu mengurangi sakit kepala dan pegal ketika Anda mengkonsumsi cabe. Namun tentu saja mengkonsumsi cabe sangat tidak disarankan terlalu berlebihan sekaligus tidak boleh dikonsumsi ketika pencernaan sedang bermasalah. Bahkan cabe sangat tidak disarankan bagi Anda yang memiliki masalah dengan lambung. Contohnya seperti maag.

Cabe termasuk sebagai suplemen favorit untuk sebagian masyarakat dan juga memiliki begitu banyak manfaat bagi kesehatan. Sehingga memang cabe bisa dikonsumsi pada saat saur maupun berbuka.

Tetapi perlu tetap Anda ingat bahwa harus sangat berhati-hati bagi pasien gangguan pencernaan saat ingin mengkonsumsinya. Kunci utama dalam mengkonsumsi cabe ketika saur dan berbuka adalah dalam batas wajar atau tidak berlebihan.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *