Ini Dia Minuman Sehat Selain Air Putih

Air putih memang baik untuk dikonsumsi tubuh dalam jangka panjang. Bahkan setiap orang dianjurkan untuk mengkonsumsi air putih setidaknya 8 gelas sehari.

Sebab, beberapa penelitian baik di dalam maupun luar negeri telah membuktikan bahwa dengan mengkonsumsi air putih secara rutin setiap hari mampu menjaga berat bada tubuh tetap stabil, mengobati sembelit, mengurangi kerutan pada kulit dan membuang racun dari dalam tubuh.

Namun ternyata, sebagai minuman wajib, air putih saja tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan mineral dan vitamin yang dibutuhkan tubuh. Tubuh perlu nutrisi lainnya yang bisa didapat dari minuman sehat berikut ini:

  • Air kelapa

e 18

Air kelapa khususnya kelapa muda bisa menggantikan ion tubuh yang hilang setelah beraktivitas penuh selama sehari. Oleh karena itu, tidak heran kalau saat berpuasa kita dianjurkan untuk minum air kelapa muda saat berbuka dan sahur.

Kandungan yang terdapat di dalamnya adalah kalsium, natrium, fosfor, belerang, klorida, dan kalium. Karena kandungannya inilah, air kelapa dapat digunakan sebagai diuretik yaitu untuk memperlancar pembuangan urin dan diare. Bahkan air kelapa juga diklaim lebih bergizi daripada susu sebab bebas lemak dan kolesterol.

  • Jus jeruk

e 19

Jus jeruk telah diketahui memiliki banyak khasiat. Salah satunya adalah mencegah penyakit jantung yang disebabkan oleh tersumbatnya arteri.

Sebuah study yang meneliti tentang ini, membuktikan bahwa seseorang yang makan makanan cepat saji dengan minuman jus jeruk memiliki resiko penyumbatan arteri lebih kecil daripada orang yang makan makanan cepat saji dengan minum air putih.

Perlu Anda ketahui bahwa makanan cepat saji memiliki radikal bebas yang dapat merusak arteri kemudian menimbulkan penyakit jantung. Namun, untuk konsumsi secara rutin atau berkala, tetap perlu diperhatikan kandungan gula di dalamnya.

  • Teh Hijau

e 20

Sebuah penelitian yang menggunakan tikus sebagai responden, membuktikan bahwa tikus yang berolahraga kemudian minum teh hijau secara rutin dapat memengaruhi bobot tubuhnya. Sebab, kenaikan bobot tubuhnya 2 2% lebih rendah dari tikus yang berolah raga dan hanya minum teh jenis lain.

Kandungan polyphenol dalam teh hijau dapat memperlancar metabolisme dalam tubuh dan memudahkan dalam proses pembakaran lemak. Sehingga teh hijau juga berkhasiat untuk menurunkan atau menjaga berat badan.

Baca Artikel Lainnya :

Selain itu, teh hijau juga memiliki khasiat untuk mencegah penyakit jantung dan risiko terkena kanker karena teh hijau memiliki kandungan antioksidan yang tinggi.

Memang sebaiknya kita harus mengkonsumsi minuman yang bervariasi agar kebutuhan zat gizi tubuh dapat terpenuhi. Namun, tetap perhatikan kandungan gula, lemak, dan kolesterol di dalamnya, jangan sampai berlebihan. Karena justru berpotensi mengundang penyakit lainnya.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *