Ini Dia Misteri Dibalik  Makanan Para Astronot

Makanan merupakan kebutuhan pokok bagi manusia. Tak terkecuali untuk para astronot. Mereka juga memerlukan makanan sebgai sumber energi. Namun bagaimanakah cara makaan para astronot? Apa sajakah yang dimakan astronot saat berada di luar angkasa?

f 32

Telah lama para ilmuwan bukan hanya berlomba-lomba untuk membuat roket yang aman di luar atmosfer bumi. Tetapi mereka juga menciptakan inovasi akan makanan apa saja yang sesuai untuk para astronot. Sehingga mereka dapat bertahan hidup dan kembali ke bumi dengan penemuan-penemuan baru.

Pada saat pertama kali mengirim pesawat ke luar angkasa, para ilmuwan mengalami kesulitan dalam hal penyediaan makanan dan minuman untuk para astronot. Mereka tidak tahu makanan bentuk apakah yang sesuai ketika berada di nol gravitasi.

Apakah makanan padat atau cair yang sesuai dengan kondisi tanpa bobot. Selain itu mereka juga tidak mengtahui cita rasa dari makanan tersebut.

Pada awal pengiriman pesawat ke luar angkasa, para astronot disediakan makanan dalam bentuk cair dan pasta. Para ilmuwan masih belum memikirkan cita rasa dari makanan tersebut. Yang mereka prioritaskan adalah para astronot dapat bertahan hidup dengan makanan tersebut.

Pada tahun 1960, ditemukan inovasi baru. Makanan dan minuman untuk para astronot diletakkan pada baki yang bisa menempel pada tubuh mereka. Makanan tersebut di kemas dalam bentk padat dan masih membutuhkan air saat akan menyantapnya.

Baca Artikel Lainnya :

Pada tahun 1975, dinamakan project gemini, yaitu metode pengeringan beku yang ditingkatkan dan kemewahan seperti koktail udang, roti bakar, ayam dan puding ditawarkan dalam daftar menu. Pada saat itu juga air panas sudah dapat disajikan. Terdapat pula freezer di dapur pesawat luar angkasa untuk menyimpan makanan yang mudah rusak di dapur pesawat tersebut.

Cara mengemas makanan luar angkasa pun harus sesuai dengan kriteria. Selain fungsi kemasan sebagai pelindung isi makanan, kemasan pun harus ringan dan sekali pakai. Di kemasan makanan tersebut juga dicantumkann cara memakan makanan tersebut dan petunjuk bar untuk melacak diet para astronot. Dengan begitu berat badan astronot dapat dikontrol.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *