Ini dia Olahraga Kuno yang dapat Atasi Berbagai Macam Penyakit

Tahukah Anda salah satu olahraga kuno dari China yang memiliki banyak manfaat terutama pada yang berusia lanjut dengan banyak kasus penyakit kronis? Jawabannya adalah tai chi. Gerakannya yang lembut, lambat, dan mengalir inilah yang menjadikan tai chi baik untuk orang lanjut usia.

q 94

Bagi mereka yang menderita gagal jantung, osteo arthritis, kanker payudara, dan juga penyakit paru ukonstruktif kronik dapat mengalam ipeningkatan kekuatan dan keseimbangan postur tubuh jika malakukan tai chi.

Sedangkan dalam manfaatnya tanya yang dapat dirasakan yaitu berkurangnya rasa nyeri serta pernapasan yang dirasa semakin lancar.

Bila anda telah berusia lanjut, dan mengalami masalah kesehatan seperti di atas maka saran terbaik adalah dengan melakukan tai chi yang dapat meningkatkan kebugaran Anda.

Menurut seorang peneliti Darlen Reid seorang kepala departemen terapi dan seorang professor University of Toronto, Kanada ini mengatakan tai chi merupakan gabungan dari serangkaian gerakan lembut yang mengalir.

Walaupun terlihat lembut tapi bila olahraga ini diakukan secara teratur maka dapat meningkatkan kekuatan otot, postur, keseimbangan, serta kelenturan.

Bahkan lebih dari pada it Reid juga menambahkan tai chi juga ternyata memiliki manfaat pada segi mental. Banyak sekali jenis tai chi yang memberikan komponen spiritual kuat. Untuk itu tai chi merupakan salah satu jenis olahraga yang berbeda dengan olahraga lainnya.

Selain itu kelebihan lainnya dari tai chi adalah bisa dilakukan dalam berbagai macam bentuk, dapat pula bersama-sama, ataupun sendirian, serta tidak pula dibutuhkan alat pendukung apapun. Ada beberapa komunitas juga yang menggratiskan olahraga dari China ini.

Tai chi merupakan suatu gerakan yang lembut dan ritmis serta telah dikembangkan sejak ribuan tahun lamanya. Hal ini juga termasuk pada gerakan yang mampu membentuk kekuatan otot.

Bagi Anda yang mengalami masalah persendian atau radang sendi (osteo artrithis), dengan melakukan gerakan-gerakan tai chi secara rutin maka mampu mengurangi rasa nyeri dan kaku sendi.

Berikut adaah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari gerakan tai chi:

  1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Manfaat dari gerakan tai chi yaitu dapat mengaktifkan semua yang ada pada tubuh Anda termasuk organ-organ di dalam tubuh. Seperti limpa, dimana fungsi dari limpa untuk membersihkan racun menjadi lebih efektif. Dengan begitu kekebalan tubuh pun akan meningkat.

  1. Menambah tingkat relaksasi

Selain itu dengan rutin melakukan tai chi maka tingkat relaksasi pada tubuh Anda akan meningkat. Pada kondisi seperti ini maka “hormone bercinta” akan aktif seperti endomorfin yang dapat meningkatkan ujung syaraf-syaraf perasa.

Biasanya setelah melakukan tai chi maka pandangan, sentuhan, bahkan ciuman akan menjadi jauh terasa lebih hangat.

Baca Artikel Lainnya :

  1. Pernapasan lebih kuat

Tidak hanya itu saja, tai chi juga mampu membiasakan seseorang untuk bernapas denga ncara yang benar. Dengan begitu secara tidak langsung Anda telah dapat mengatur pernapasan menjadi lebih baik. Hal ini juga berdampak pada kemampuan berhubungan intim.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *