Ini Dia Penyebab Terjadinya Mimisan

Ini Dia Penyebab Terjadinya Mimisan – Mimisan atau epistaksin merupakan kondisi di mana darah keluar dari lubang hidung kita.

Kondisi ini biasanya tidak berlansung lama atau hanya dalam hitungan menit dan pendarahan akan berhenti dengan sendirinya. Mimisan bisa terjadi pada siapa saja, baik anak-anak, orang dewasa bahkan orang tua.

ga

Beberapa orang menghubungkan mimisan dengan gejala penyakit tertentu, namun pernyataan itu tidak sepenuhnya benar.

kebanyakan dari penyebab mimisan tidak ada hubungannya sama sekali dengan penyakit dan mimisan sendiri juga bukan merupakan sebuah penyakit. Mimisan itu normal dan biasanya disebabkan oleh beberapa factor berikut ini :

Cuaca

Cuaca yang terlalu ekstrim akan sangat berpotensi membuat kita mengalami mimisan. Cuaca yang terlalu panas atau terlalu dingin dengan tekanan udara yang tidak stabil akan menyebabkan pecahnya pembuluh darah pada area hidung yang menyebabkan terjadinya mimisan.

Tumor pada rongga hidung

Mimisan juga bisa terjadi jika di rongga hidung tumbuh atau muncul tumor. Ketika tumor dalam rongga hidung terus tumbuh dan membesar maka tumor tersebut akan menyebabkan tertutupnya saluran pernapasan dan juga pecahnya pembuluh darah karena tertekan oleh tumor tersebut.

Hidung terbentur atau kecelakaan

Kondisi inilah yang paling sering membuat kita mengalami mimisan. Saat kita terjatuh dan hidung terkena benturan yang lumayan keras, maka darah segar akan langsung mengalir dari hidung kita.

Hal ini karena pembuluh darah dalam rongga hidung kita pecah yang disebabkan olh benturan tersebut.

Penggunaan Narkotika

Mimisan juga bisa disebabkan oleh narkotika terutama jenis obat-obatan terlarang seperti kokain yang penggunaannya dengan  dihirup. Kondisi ini tak jarang membuat atau menimbulkan iritasi pada rongga hidung kita yang menyebabkan terjadinya mimisan jika tidak segera ditangani.

Membuang ingus terlalu keras

Saat kita flu atau pilek, hidung akan mengeluarkan ingus sebagai reaksi jika tubuh kita sedang terserang virus.

Ingus yang keluar dari hidung harus dikeluarkan karena itu mengandung banyak sekali bakteri. Ketika membuang ingus, beberapa orang melakukanny dengan sangat keras supaya bisa bersih maksimal.

Baca Artikel lainnya :

Akan tetapi hal ini juga dapat menyebabkan pecahnya pembuluh darah dalam rongga hidung kita yang akan menimbulkan mimisan.

Itulah beberapa factor yang dapat menyebabkan terjadinya mimisan. Dengan mengetahui penyebabnya, kita akan dapat mencegahnya. Selamat membaca..

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *