Ini Dia Peradaban Yang Pernah Hancur Dalam Waktu Semalam

Ini Dia Peradaban Yang Pernah Hancur Dalam Waktu Semalam – Ketika mendengar kata peradaban pasti kita langsung tertuju pada suatu budaya atau kebudayaan. Peradaban sendiri dapat diartikan sebagai bentuk dari tata karma.

Pada zaman dulu terdapat banyak sekali peradaban, di wilayah mesir kuno dan negars. Yang tiba-tiba hancur atau menghilang dalam waktu singkat. Tentunya hal tersebut terjadi karena banyak faktor.

Untitled

Di Mesir terdapat sebuah kota yang sangat indah, kota itu dikenal dengan sebutan Thonis. Thonis sendiri merupakan salah satu kota terpenting di dunia pada waktu itu. Thonis menghilang disapu oleh banjir bandang. Hingga pada tahun 2000 seorang arkeolog menemukan reruntuhan kota Thonis.

Selain Thonis peradaban Minoan juga mengalami kehancuran yang disebabkan oleh meletusnya gunung berapi Thera. Dalam seketika kota ini dihujani oleh abu, tak sampai disitu tsunami pun turut melanda kota ini.

Seluruh tanaman mati, dan beradaban Minoan ikut menjadi abu. Sebelum bencana tersebut, bangsa Minoan membuat sebuah kerajaan yang sangat maju dan mampu bertahan hingga ribuan tahun. Dan akhirnya hancur dalam waktu semalam.

Sejak zaman dulu banyak sekali peradaban-peradaban yang ada di dunia ini, namun sedikt orang yang tahu. Satu-persatu peradaban mulai runtuh, hancur bahkan ditinggalkan penduduknya.

Seperti Loulan yang ditinggalkan oleh para penduduknya karena diterjang badai pasir. Kota ini pun menjadi kota mati hingga pada akhirnya menjadi puing-puing bangunan.

Ada pula peradaban yang hancur dengat cara yang dahsyat. Port Royal terletak dijamaika menjadi surge dunia bagi manusia-manusia yang tak beradab.

Port Royal sendiri merupakan suatu tempat yang indah, namun karena dihuni oleh manusia-manusia biadab, alam pun menghancurkannya.

Gempa bumi besar melanda disusul dengan tsunami pada saat itu dengan waktu yang sangat singkat hampir menenggelamkan seluruh Port Royal. Sebagian populasi yang masih selamat meninggal karena penyakit.

Baca Artikel Lainnya :

Dari kejadian semua itu kini banyak arkeolog yang menemukan reruntuhan atau barang-barang pada masa itu.

Beberapa bangunan bersejarah tersebut kini menjadi tujuan wisata edukasi. Seperti Loulan yang dibanjiri turis. Ini membuktikan bahwa peradaban menjadi salah satu sejarah yang tidak akan bias dilupakan.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *