Ini Dia Peraturan Perlombaan Lompat Jauh yang Wajib Anda Ketahui

Dalam penentuan pemenang dalam setiap olahraga dan cabang olahraga terkait, haruslah memiliki yang namanya kesepakatan yang kali ini disederhanakan sebagai peraturan tetap yang telah disetujui oleh beberapa pakar dan peneliti terkait dengan bidang keahlian olahraga yang ditetapkan.

g 38

Dalam hal ini, kita akan membahas mengenai peraturan perlombaan lompat jauh yang wajib anda ketahui.

Adapun peraturan dalam perlombaan lompat jauh sebagai berikut:

  1. Lebar minimum untuk lintasan awal lompatan 1,22 m dengan panjang 45 m.
  2. Untuk spesifikasi papan tolakan dibuat dengan panjang 1,22 m, tebal 10 cm, dan lebar 20 cm.
  3. Pada sisi pendaratan pelompat mesti diletakkan sebuah papan plastisin yang digunakan untuk mencatat jejak kaki pelompat, sebagai antisipasi bila pelompat melakukan awal kesalahan menolak kaki yang sekurang-kurangnya 1 meter dari tepi depan bak pasir pendaratan pelompat.
  4. Minimal 2,75 m Lebar tempat pendaratan dari jarak antara garis tolakan sampai akhir tempat lompatan, yang minimal 10 m.
  5. Kepadatan permukaan pasir pada tempat pendaratan wajib dibuat dengan ketinggian yang sama terhadap sisi atas papan tolakan pelompat.
  6. Jika di ketahui peserta yang mengikuti perlombaan lebih dari 8 pelompat, maka setiap peserta diberikan kesempatan melompat 3 kali giliran dan apabila 8 pelompat memiliki nilai dengan lompatan terbaik, diberikan kesempatan kembali untuk melompat 3 kali sebagai langkah penentuan pemenang.

Namun jika peserta lompat hanya terdiri dari 8 orang atau kurang, semua peserta diwajibkan untuk melompat 6 kali giliran.

Perlu diketahui juga bahwa semua lompatan akan diukur dari titik bebas yang terdekat pada bak pasir yang digunakan sebagai pendaratan dan dibuat dalam setiap bagian badan ke garis tolakan dengan posisi siku-siku terhadap garis tolakan tersebut.

Baca Artikel Lainnya :

Peserta hanya memiliki batas waktu (dalam 1 giliran) lompat hanya dengan 1,5 menit.

Lompatan yang seri / sama (tie) akan ditentukan pemenangnya setelah dengan melihat hasil lompatan terbaik pada sesi kedua, bila hasilnya masih sama / seri, maka dilihat lagi dalam lompatan terbaik yang ketiga, begitu seterusnya sampai diketahui siapa pemenangnya.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *