Ini Dia Peristiwa Yang Terjadi Menjelang Proklamasi 17 Agustus 1945

Ini Dia Peristiwa Yang Terjadi Menjelang Proklamasi 17 Agustus 1945 – Peristiwa yang terjadi menjelang proklamasi kemerdekaan dimulai dari kota Hirosima yaitu sebuah kota di Jepang yang di jatuhi bom atom pada tanggal 6 Agustus 1945 oleh Amerika di kota Nagasaki.

Akibat yang di timbulkan dari kejadian tersebut adalah Jepang mengalami kekalahan yang terjadi dimana-mana.

laptop

Dengan demikian dapat dimanfaatkan oleh  Indonesia untuk memproklamasikan kemerdekaannya.

Langkah awal yang ditempuh Indonesia adalah  pada tanggal 9 Agustus 1945 Bung Karno, Bung Hatta, dan Dr. Rajiman Widyodiningrat berangkat ke kota Dalat untuk melakukan pembicaraan mengenai persiapan kemerdekaan, dan pada tanggal 14 Agustus 1945 akhirnya ketiga tokoh tersebut kembali ke tanah air.

Setelah tiga tokoh tiga tokoh itu kembali, pemimpin pemerintah jepang menghentikan perang dan mangakui kekalahan Jepang.

Sutan Syahrir merupakan tokoh pemimpin Indonesia yang pada tanggal 14 Agustus 1945 menemui Bung Karno dan menuntut agar Bung Karno segera memproklamasaikan Kemerdekaan Indonesia dengan alasan kalahnya Jepang. Namun pada saat itu Bung Karno menolak usulan Sutan Syahrir tersebut.

Pada saat tanggal 16 Agustus, para pemuda membawa kedua tokoh yakni Bung Karno dan juga Bung Hatta ke suatu tempat bernama Rengasdengklok dengan tujuan untuk membujuk Bung Karno dan Bung Hatta untuk segera memproklamasikan kemerdekaan Indonesia tanpa adanya pengaruh dari Jepang.

Pada saat itu juga, Bung Karno dan Bung Hatta dibawa kembali ke Jakarta atas kesepakatan antara golongan tua yang diwakii oleh Mr. Ahmad Subardjo dan golongan muda yang diwakili oleh Wikana dan Yusuf Kunto.

Pada pukul 00.00 WIB Bung Karno mengadakan rapat PPKI  untuk merumuskan teks proklamasi dan menyetujui proklamasi kemerdekaan yang akan di kumandangkan pada tanggal 17 Agustus 1945.

Pada tanggal 17 Agstus 1945  pada jam 10.00 WIB di Jalan Pangangsaan Timur no 56 Jakarta, yang sekarang kita kenal dengan jalan Proklamasi.

Baca Artikel Lainnya :

Disanalah pembacaan proklamasi berada. Dan pada waktu itu Indonesia MERDEKA. Sehingga pada tanggal 17 Agustus tahun 1945 tepatnya hari jumat bahwa negara Indonesia sudah diakui oleh berbagai negara bahwa Indonesia merupakan suatu negara yang sudah merdeka.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *