Ini Dia Presiden Paling Tegas dalam menindak Pelaku Korupsi

Korupsi adalah sebuah tindakan yang sangat tidak terpuji, bahkan cenderung sangat memalukan. Pelakunya tidak lagi mempunyai nurani sehingga tega mengambil sesuatu yang bukan haknya.

Korupsi tidak hanya dilakukan pejabat-pejabat tinggi dengan wewenang tanpa batas. Bahkan pegawai rendahan pun ada yang mencoba peruntungan dengan korupsi. Sebuah fenomena yang cukup mengagetkan. Untuk membasmi kasus korupsi ini, harus dilakukan dari tingkat paling atas.

Dan dikoordinir oleh orang yang paling berpengaruh, yaitu pimpinan negara atau presiden. Dunia mencatat ada beberapa presiden yang paling tegas menangani kasus korupsi ini.

1. Benigno Aquino III

m 93

Sebagai Presiden Filipina, Benigno Aquino memerintahkan penahanan terhadap mantan presiden Gloria Macapagal Arroyo. Hal ini disebabkan penyelewengan dana lotere nasional sebesar 84 miliar yang dilakukan Arroyo.

Aquino juga memecat 9 orang pejabat di kantor Lotere Nasional yang diduga terlibat penyelewengan tersebut. Jika Arroyo terbukti bersalah, maka ia akan mengalami hukuman seumur hidup tanpa kemungkinan untuk bebas, sekalipun denga menggunakan jaminan.

2. Ellen Johnson Sirleaf

m 94

Merupakan presiden wanita yang paling tegas mengatasi korupsi. Beliau bahkan memecat anaknya sendiri, yang menolak memberikan daftar kekayaan yang diperolehnya. Selain anaknya, ada 45 pejabat lainnya yang ia pecat dengan alasan yang sama.

Para pejabat yang dipecatnya ini bisa kembali menduduki jabatan semula dengan syarat harus menyerahkan daftar kekayaan yang mereka peroleh secara jelas. Hal ini membuat indeks prestasi Liberia terhadap korupsi berada di peringkat 91.

3. Felipe Calderon

m 95

Ini adalah presiden yang paling tegas membasmi korupsi. Beliau memecat 4.500 orang polisi yang terlibat penyalahgunaan jabatan serta kejahatan yang terorganisir di Meksiko.

Meksiko masih menduduki peringkat diatas 100 untuk indeks prestasi korupsinya, bersama dengan Indonesia, Argentina, Suriname dan lainnya.

4. Lee Myung Bak

m 96

Presiden Korea Selatan ini memerintahkan pada pihak kepolisian, untuk menangkap kakak kandungnya sendiri. Ini dilakukan setelah sang kakak, Lee Sang Deuk terbukti menerima suap sebesar 4, 9 miliar dari dua bank yang bermasalah.

Suap yang diberikan ini ditujukan agar sang kakak yang menjabat sebagai anggota parlemen. bisa membuat bank-bank yang sedang bermasalah itu lolos dari audit dari Bank Central Korea Selatan.

5. Ollanta Humala

m 97

Sebagai Presiden Peru, Ollanta Humala sangatlah berani. Ia memecat sebanyak 30 Jendral Polisi dari total 45 Jendral Polisi yang ada. Bahkan termasuk diantaranya adalah Kepala Kepolisiannya sendiri yang bernama Raul Bacerra.

Yang kemudian digantikan oleh Raul Salazar. Mereka bekerja keras membasmi para pencuri Sol (mata uang Peru). Kegigihan Presiden Humala membuat Peru berada di peringkat 80 indeks prestasi korusinya.

6. Hu Jintao

m 98

Baca Artikel Lainnya :

Sebagai Presiden Cina, Hu Jintao bersikap tegas terhadap para koruptor. Seperti yang pernah kita dengar, bahwa Cina memberlakukan hukuman mati bagi para koruptor di negaranya.

Oleh karena saat Hu Jintao dilantik menjadi presiden, ia langsung menyiapkan peti mati sebanyak 1000 buah untuk para pejabat yang berani melakukan tindakan korupsi. Hal ini juga berlaku buat dirinya sendiri. Sebuah langka yang sangat berani.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

One thought on “Ini Dia Presiden Paling Tegas dalam menindak Pelaku Korupsi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *