Ini Dia Rekor Unik: Ketuk Pintu Sebanyak 2500 Rumah

Sudah sering mendengar penghargaan MURI untuk berbagai pemecahan rekor? Untuk rekor yang satu ini bukan hanya unik, tetapi juga bermanfaat.

c 15

Karena pada tanggal 24 Maret 2015 lalu, para Sub-sub Recipient (SSR) TB Aisyiyah Kota Semarang berhasil mencetak rekor yang unik sekaligus membanggakan dalam peringatan hari Tuberkulosis sedunia melalui gerakan ketuk  pintu sebanyak 2500 rumah yang ada di seluruh Kota Semarang hanya dalam waktu 2 jam.

Ketuk pintu untuk pendataan suspect TB

Sebenarnya program ketuk pintu ini sendiri dilakukan secara serentak dengan tujuan guna melakukan pendataan suspect Tuberkulosis sekaligus memberikan penyuluhan tentang pengetahuan TB pada warga masyarakat Kota Semarang. Program ini diawali secara simbolis yang kemudian juga diresmikan di SMP Muhammadiyah 7 Semarang.

Pengetahuan yang akan dibagikan oleh masyarakat antara lain meliputi ciri dari penyakit Tuberkulosis sekaligus cara pencegahannya.

Jika ditemukan adanya penderita TB, maka sangatlah disarankan untuk segera melakukan pengobatan di rumah sakit atau puskesmas yang tersebar di wilayah Kota Semarang. Aisiyah Semarang melalui kegiatan ini menggerakan seluruh kekuatannya dalam melakukan pendataan sampai dengan tingkat Rt atau Rw. Sementara kepengurusan Aisiyah mencakup tingkat kelurahan atau ranting.

Penderita TB di Semarang masih tinggi

Kegiatan ini memang bukan semata hanya mengejar rekor MURI. Namun sangat bermanfaat bagi seluruh masyarakat Kota Semarang. Mengingat penderita TB yang ada di Kota Semarang memang masih sangat tinggi.

Baca Artikel Lainnya :

Bahkan di setiap tahunnya selalu mengalami peningkatan. Seperti apa yang sudah disampaikan oleh Mamat Supriyono SKM, M.Kes selaku pengelola program TB Dinas Kesehatan Kota Semarang.

Dikarenakan TB sendiri layaknya fenomena gunung es, sebab penderita yang terdata serta yang ada di dalam masyarakat lebih besar belum ditemukan masyarakat. Oleh karena itu, diharapkan bahwa melalui program ketuk pintu 2500 yang meraih penghargaan MURI ini mampu menjaring suspect TB akan lebih banyak lagi.

Diharapkan juga mampu membangkitkan tingkat kesadaran seluruh masyarakat penderita TB agar bersedia untuk segera memeriksakan kondisinya. Dengan begitu masalah TB yang meluas di Kota Semarang bisa segera di atasi.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *