Ini Dia Ritual Unik dan Aneh Untuk Bayi

Ini Dia Ritual Unik dan Aneh Untuk Bayi – Di sebuah Negara yang berada di kawasan Asia Selatan terdapat suatu tradisi yang tak lazim dilakukan pada umumnya. Tepatnya di Negara India terdapat tradisi Okali yaitu tradisi melempar bayi dari atas ketinggian yang dilakukan oleh pendeta.

Untitled

Ritual ini hanya biasa dilakukan jika usia bayi sudah memasuki tiga bulan dan tidak akan dilakukan pada bayi yang berusia diatas dua tahun.

Biasanya warga india berkumpul  di kuil Marutheshwara di distrik Bagalkot dekat kota Mudholuntuk menyaksikan ritual tersebut.

Prosesi ritual dimulai dengan orang tua menyerahkan bayinya kepada pendeta, sebab yang mengambil peran untuk melempar para bayi ialah pendeta dan sekelompok pria telah bersiap-siap dibawah dengan selembar kain.

Tentunya tradisi yang sudah dilakukan secara turun temurun ini sangan membahayakan keselamatan sang bayi. Meskipun mendapat kecaman dari beberapa pihak tradisi ini terus berlangsung. Karena mereka percaya bahwa bayi yang dilemparkan ini kelak akan menjadi manusia yang kuat.

Selain di India ritual aneh juga terjadi di Negara Afrika yaitu ritual mengasapi bayi atau yang disebut dengan ritual Sifudu. Sifudu sendiri merupakan nama sebuah daun yang nantinya akan dibakar untuk menghasilkan asap.

Asap yang dihasilkan tentunya sangat mengganggu karena daun sifudu memiliki aroma yang sangat pedas sehingga dapat membuat mulut, hidung serta mata terganggu. Ritul sifudu dilakukan untuk membersihkan bayi setelah lahir.

Para saudara berkumpul untuk melaksanakan ritual sifudu, dengan membuat api unggun di tengah-tengah rumah ritual sebagai media untuk membakar daun sifudu.

Dan yang mengerikan posisi kepala bayi menghadap kebawah dan dibawa oleh seorang wanita untuk melewati asap beberapa kali, baru kemudian diserahkan kembali kepada ibunya.

Baca Artikel Lainnya :

Tradisi tetap tradisi walaupun ritual ini tidak layak dilakukan para orang tua tetap percaya bahwa dengan mengikuti ritual ini kelak anak mereka tidak akan pernah merasakan ketakutan dan menjadi manusia yang kuat dikemudian.

Ritual yang terjadi di dua Negara tersebut harusnya menjadi para pertimbangan para orang tua karena akan ada dampak negative dan sudah sepantasnya di tiadakan karena sangat tidak manusiawi dan dapat membahayakan keselamatn bayi tersebut.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *