Ini Dia Tips dan Trik Menanam Tanaman Pepaya

Tips dan Trik Menanam Pepaya – Pepaya merupakan salah satu jenis buah yang banyak tumbuh di daerah beriklim tropis, salah satunya di Indonesia. di Indonesia sendiri membudidayakan buah pepaya merupakan salah satu bisnis yang memiliki prospek ke depan yang bagus. Oleh karena itu bagi anda yang ingin untuk menggeluti usaha ini, tidak ada salahnya bagi anda untuk menyimak beberapa tips dan trik untuk menanam pepaya yang benar agar pohon dapat berbuah tanpa perlu menunggu waktu yang lama.

pepaCara untuk menanam atau budidaya pepaya agar dapat berbuah lebat, cepat dan tidak perlu menunggu waktu yang lama ini termasuk ilmu yang baru dalam bidang pertanian. Beberapa orang telah mempraktekkannya dan menujukkan hasil yang cukup memuaskan. Berikut hal hal yang harus disiapkan untuk memulai membudidayakan pepaya.

LAHAN UNTUK BERCOCOK TANAM

  • Untuk setia lubang ditanami 2 – 3 bibit agar setelah kurang lebih 3 bulan setelah keluar bakal buah pepaya kita dapat menseleksi bibit yang bagus. Dari tanaman pepaya ini akan menghasilkan 3 jenis bunga, yaitu:
  • Setelah itu baru lakukan penanaman bibit pepaya yang memiliki daun minimal 4-5 helai. Usahakan pada saat penanaman tanah dalam kondisi basah. Penyiraman pohon minimal 2 x dalam seminggu apabila tidak ada hujan sama sekali hingga pohon berusia 3 bulan (dengan asumsi pohon dengan usia ini memiliki ketersediaan air yang cukup)
  • Biarkan lahan tersebut kurang lebih selama 1-2 minggu
  • Setelah itu mulai diberikan pupuk kandang secukupnya, pupuk yang digunakan sebaiknya adlah kotoran kambing, kemudian untuk pemberian pupuk dari kotoran sapi digunakan setelah tanaman berusia t bulan keatas, biarkan pupuk kandang ini terbuka dalam lubang selama 7-10 hari.
  • Setelah selesai membuat lubang, biarkan lubang sekitar 3 – 7 hari agar memperoleh penyinaran dari matahari.
  • Lubang untuk menanam pepaya 60 cm x 60 cm x 60 cm (panjang, lebar, kedalaman). Kedalaman lubang ini disesuaikan dengan jumlah ari pupuk kandang, puku ini diasumsikan bahwa pada usia sekitar 3 bulan (seleksi pohon) akar pada pupuk dasar ini.
  • Untuk menyiapkan lahan untuk menanam pepaya jarak minimal untuk masing masing pohoon adalah 2 meter, apabila terlalu dekat akar dari pohon pepaya akan saling tumpang tindih dan mengakibatkan pertumbuhan serta hasil buah yang kurang bagus.
  1. Bunga jantan (hanya benang sari, tidak menghasilkan buah)
  2. Bunga betina (hanya memiliki putik, memiliki ciri khas yang menggelembung di pangkalnya saja), bentuk dari buah adalah bulat.
  3. Bunga lengkap (hermafrodit), memiliki ciri khas bakal buahnya memanjang.
  • Setelah kurang lebih 3 bulan atau dapat diamati dengan keluarnya bakal buah, kita seleksi pohon yang akan di biarkan tumbuh, sedangkan untuk 2 pohon yang lain kita pangkas agar penyerapan nutrisi dari tanah dapat dimaksimalkan pada 1 pohon. Namun apabila ada lebih dari 1 pohon yang hermafrodite dapat dipindahkan ke tempat lain. Dari ketiga jenis pohon tadi pastikan kita untuk memilih pohon dengan bunga lengka (hermafrodit) agar hasil yang diperoleh setelah masa panen sesuai dengan yang diharapkan.
  • Untuk perawatan dari hama dan gulma dapat dilakukan dengan memangkas daun daun yang sudah layu serta melakukan pembersihan gulma atau semak yang mungkin ada disekitar pohon, serta penyemprotan pestisida untuk mengurangi potensi pohon mati akibat terserang hama.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *