Ini Yang Akan Terjadi Bila Tubuh jarang bergerak

Semua orang di dunia ini tentunya menginginkan tubuh yang sehat. Kunci dari tubuh sehat selain memperhatikan asupan dari makanan juga dipengaruhi oleh aktivitas gerak tubuh. Berdasarkan sebuah penelitian mengungkapkan orang yang malas atau jarang melakukan aktivitas fisik, maka akan beresiko terkena beberapa penyakit diantaranya otak dan jantung.

f 87

Selain dapat menimbulkan beberapa penyakit, jarang melakukan gerak juga bisa membuat tulang kita menjadi lemah sehingga rentan akan pengeroposan tulang atau lebih dikenal dengan osteoporosis. Banyak kita mendengar dan melihat ada orang yang dalam kegiatan sehari-harinya cuma duduk di depan komputer, maen game, nonton tv dan lebih banyak tidur.

Yang harus dilakukan agar tubuh kita sehat ialah berolahraga atau banyak melakukan gerak tubuh. Olahraga secara teratur akan membuat tubuh kita lebih bersemangat dan lebih sehat. Lakukanlah olahraga setidaknya 2 1/2 jam atau 150 menit dalam seminggu. Dengan banyak melakukan olahraga secara teratur maka akan dapat mencegah kita dari berbagai macam penyakit.

Berikut beberapa dampak negatif jika tubuh jarang berolahraga atau bergerak :

  • Stres

Penyakit yang rentan terjadi saat kita malas bergerak ialah kita akan mudah mengalami stres. Padahal stres ialah awal dari munculnya banyak penyakit di dalam tubuh. Saat orang stres maka daya tahan atau kekebalan atau imun tubuh akan mengalami penurunan, sehingga akan rentan terjadinya berbagai macam penyakit dalam tubuh.

  • Gangguan tidur

Tahukah kita dengan banyak berolahraga atau melakukan aktivitas fisik maka akan dapat membuat tidur kita di malam hari menjadi lebih nyenyak dan pulas. Hal ini disebabkan karena adanya pelepasan hormon saat berolahraga atau gerak tubuh yang membuat kita lebih nyenyak saat tidur di malam hari.

  • Metabolisme lambat

Adapun akibat dari metabolisme tubuh yang lambat ialah kita akan mengalami kegemukan atau lebih dikenal dengan obesitas. Saat kita malas melakukan kegiatan atau beraktivitas maka akan memicu perlambatan metabolisme dalam tubuh.

  • Tekanan darah tinggi

Jika kita jarang melakukan olahraga atau gerak tubuh, maka akan dapat membuat tekanan darah kita menjadi lebih tinggi (hipertensi). Seperti kita ketahui tekanan darah tinggi sering penyebab utama penyakit yang berbahaya seperti stroke, penyakit jantung, dan kerusakan ginjal.

Dengan kita banyak melakukan olahraga atau gerak tubuh maka sirkulasi darah di dalam tubuh kita akan menjadi lebih lancar, sehingga tekanan darah di tubuh kita menjadi normal.

  • Tulang lemah

Saat orang jarang melakukan olahraga atau gerak tubuh, maka tulangnya akan menjadi lemah. Membuat berat tubuh tidak proporsional atau tidak ideal. Dalam hal ini, masalah terlalu gemuk atau terlalu kurus tidak akan terjadi lagi, jika seseorang rutin berolahraga atau gerak tubuh setiap pagi.

Menurunkan percaya diri dan semangat hidup anda. Berolahraga atau gerak tubuh mampu membangkitkan semangat anda untuk memulai kegiatan atau aktivitas atau bekerja serta dapat menumbuhkan rasa percaya diri yang lebih tinggi terhadap diri sendiri.

Menurunkan sistem kekebalan tubuh. Sehingga tubuh dapat mudah terserang berbagai macam penyakit akibat penurunan sistem imun atau kekebalan yang dimiliki tubuh seperti batuk, pilek atau flu dan lain sebagainya.

Sulit tertidur di malam hari. Ini disebabkan, jika seseorang rutin berolahraga atau gerak tubuh setiap pagi, maka tidur malam anda akan terasa lebih nyenyak dan pulas tanpa mengalami masalah yang berkaitan dengan tidur di malam hari.

Lebih cepat merasa lelah sekalipun melakukan aktivitas yang ringan. Dengan rutin berolahraga pagi maka dapat meningkatkan energi yang ada di dalam tubuh anda. Sehingga rasa lelah tidak akan kita rasakan, jika kita rutin berolahraga setiap pagi.

Baca Artikel Lainnya :

Mengundang Penyakit Mematikan. Jarang atau kurang berolahraga juga dapat berpotensi terjangkit berbagai macam jenis penyakit berbahaya seperti penyakit jantung, gula diabetes, stroke serta kanker.

Meningkatnya rasa stres yang di miliki. Olahraga merupakan kegiatan yang menyenangkan dan mudah dilakukan, sehingga dapat mengurangi atau bahkan menghilangkan rasa stres atau menghilangkan rumitnya masalah yang sedang anda hadapi dalam hidup ini.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *