Inilah Alasan Mengapa Nyamuk Lebih Suka Menggigit Seseorang dan Bahayanya

Inilah Alasan Mengapa Nyamuk Lebih Suka Menggigit Seseorang dan Bahayanya – Nyamuk, mungkin beberapa orang sangat terganggu dengan serangga yang satu ini.

Insekta dari ordo Diptera ini memiliki tipe mulut menusuk-menghisap yang menggunakan darah kita sebagai sumber nutrisi mereka.

7

Sebagai hewan yang memiliki pola makan dengan cara kontak langsung dengan darah kita, membuat nyamuk menjadi vektor yang ampuh dalam menyebarkan banyak penyakit berbahaya.

Sebut saja demam berdarah, malaria, dan chikungunya yang mematikan jika tidak ditangani dengan cepat.

Tahukah kamu kalo ternyata nyamuk punya preferensi yang berbeda dalam memilih mangsanya ?

penelitian sebelumnya menduga bahwa yang membuat nyamuk tertarik untuk menggigit seseorang erat kaitannya dengan bau tubuh yang khas dari orang tersebut.

Akan tetapi, nyatanya anggapan ini tidak tepat. Studi yang baru-baru ini dilakukan oleh London School of Hygiene and Tropical Medicine mengungkapkan bahwa bukan aroma khas tubuh yang menarik nyamuk, namun gen tertentu dari manusia lah yang membuat nyamuk tertarik untuk menggigitnya.

Penelitian dilakukan dengan menguji coba 18 pasang individu yang merupakan pasangan kembar identik serta 19 pasangan individu yang kembar, namun tidak identik. Apa yang dilakukan kemudian ?

Mereka memasukkan tangan mereka ke dalam suatu tabung yang memiliki bentuk menyerupai huruf Y dan membiarkan tangan mereka digigit oleh kurang lebih 20 nyamuk.

Mereka melihat preferensi nyamuk dalam menggigit mangsanya dan melihat intensitas nyamuk dalam menggigit orang tertentu.

Alasan memilih pasangan kembar adalah untuk membuktikan bahwa gen lah yang mempegaruhi nyamuk untuk memilih mangsanya, bukan bau dari individu tertentu.

Dan memang hasilnya sesuai dengan dugaan, adanya kesamaan preferensi nyamuk untuk menggigit pasangan yang identik.

Kembar identik memiliki kesamaan yang erat pada genetiknya dan jika nyamuk tertarik pada salah satu individu kembar identik, maka sudah seharusnya nyamuk juga tertarik dengan pasangan kembar identiknya.

Lain halnya dengan individu yang tidak kembar identik. Preferensi nyamuk terhadap individu tidak kembar identik belum tentu dialami oleh pasangan kembarnya. Hal ini dikarenakan perbedaan genetik antara keduanya.

Penelitian ini sangatlah menarik mengingat bahwa nyamuk ternyata secara tidak langsung, memilih mangsanya berdasarkan sifat genetiknya.

Penemuan ini sangatlah penting mengingat banyak sekali penyakit yang disebabkan oleh nyamuk.

Setidaknya dapat ditemukan sesuatu yang dapat menghalangi dan menghindari nyamuk untuk menggigit seseorang. Karena beberapa dekade belakangan ini hanya lotion nyamuk satu-satunya penangkal nyamuk yang digunakan dengan asumsi bahwa lotion mampu menghilangkan aroma tubuh dan selanjutnya dapat menjauhkan nyamuk.

Baca Artikel Lainnya :

Dan dengan penelitian lebih lanjut bukan tidak mungkin berbagai gangguan kesehatan mematikan yang disebabkan oleh nyamuk dapat dicegah sejak dini.

Semoga bermanfaat..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *