Inilah Beberapa Danau Terdalam Di Indonesia

Inilah Beberapa Danau Terdalam Di Indonesia – Jika Anda pergi ke danau untuk sekedar berlibur, mungkin yang hanya Anda menikmati adalah pemandangan danau yang masih terlihat asri dan sejuk.

Namun, coba sekali-kali Anda bayangkan seberapa dalam atau sedalam apa danau yang Anda kunjungi itu. Untuk menambah wawasan Anda, berikut ini Cekiwir akan coba paparkan daftar danau-danau di Indonesia yang termasuk kategori terdalam.

1. Danau Matano

Untitled

Rekor danau terdalam di Indonesia masih dipegang Danau matano. Danau matano terletak di kawasan Sulawesi bagian Selatan. Kedalaman danau ini yang sangat dalam difungsikan Perusahaan Listrik Negara sebagai Pembangkit Listrik Bertenaga Air (PLTA). Kedalaman danau ini mencapai 590 meter. Itulah sebabnya danau ini termasuk danau terdalam di Indonesia.

2. Danau Toba

Untitled

Di urutan selanjutnya terdapat danau yang sudah tidak asing lagi yakni Danau Toba. Siapa yang tidak mengenal danau ini. Walaupun bukan yang terdalam tetapi danau ini merupakan danau yang paling terkenal di Indonesiasebagai objek wisata.

Sesuai namanya, Danau Toba terletak di Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara. Danau ini termasuk yang terdalam dengan kedalaman mencapai 529 meter.

3. Danau Poso

Untitled

Danau terdalam selanjutnya adalah Danau Poso. Sesuai namanya, Danau Poso terletak di Poso, Sulawesi Tengah. Danau Poso terukur kedalamannya mencapai 450 meter. Oleh karena itu Danau Poso termasuk Danau terdalam yang ada di Indonesia.

4. Danau Dibawah

Untitled

Danau ini memiliki nama yang unik, yaitu Danau Dibawah. Nama tersebut diberikan warga setempat karena danau ini bersebelahan dengan Danau Diateh (Diatas). Nama “Dibawah” diberikan karena posisi danau tersebut lebih dibawah danau sebelahnya. Danau Ini terletak di kawasan Sumatera Barat. Tercatat danau ini memiliki kedalaman mencapai 309 meter.

5. Danau Ranau

Untitled

Satu lagi danau di Pulau Sumatera termasuk yang terdalam. Danau ini tepatnya berada di perbatasan Lampung dengan Oku. Danau ini diberi nama Danau Ranau. Danau ini memiliki kedalaman mencapai 229 meter. Bukan Cuma terdalam, Danau ranau ini juga termasuk danau terbesar yang ada di Pulau Sumatera.

Setelah membaca informasi ringan di atas, apa yang Anda pikirkan? Ya, ternyata bumi pertiwi Indonesia ini merupakan negara yang kaya akan sumber air berupa danau. Tentu saja setiap danau yang disebutkan di atas atau yang tidak disebutkan menawarkan pemandangan indah yang menyejukkan pikiran penikmatnya.

Dan jika Anda membuka pikiran lebih luas, maka Anda akan tercengang dengan kedalaman yang dimiliki masing-masing danau tersebut. Dan harapannya semoga warisan alam tersebut tetap terjaga sampai masa yang akan datang.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *