Inilah Bukti Pendukung Bagi Evolusi

Inilah Bukti Pendukung Bagi Evolusi – Mungkin Anda sering bertanya, apa bukti pendukung dari evolusi. Sebenarnya di dalam bukunya, Darwin memberikan serangkaian penawaran bukti yang sangat menguntungkan evolusi dengan cara yang sangat tenang ia pun begitu meyakinkan masyarakat ilmuan atas validitas teori yang ia miliki.

1

Paleontologi

Salah satu bukti yang diberikan oleh Darwin yang diketemukan di ilmu paleontologi. Paleontologi ini sangat berkaitan dengan katalogisasi, lokasi, serta menafsirkan bentuk hidup yang ada saat milenium terakhir. Ini ialah studi yang berhubungan dengan fosil-tulang, gigi, kerang serta sisa-sisa organisme yang lain, yang telah bertahan hingga ribuan tahun yang lalu.

Paleontologi sendiri mendukung berbagai teori evolusi dikarenakan teori ini menunjukkan keturunan dari organisme yang lebih modern namun berasal dari nenek moyang yang sama. Saat ahli paleontologi turun ke hal yang lebih dalam di lapisan batuan, kompleksitas fosil pun berkurang.

Anatomi Komparatif

Di sini, Darwin mengemukakan jika tungkai depan yang berbentuk serupa mempunyai asal usul yang sama pula. Di sini ia menggunakan bukti yang satu ini untuk menunjuk ke bentuk nenek moyang modern, dia juga menyarankan jika berbagai modifikasi sebenarnya tidak lebih dari adaptasi kebutuhan khusus dari organisme yang modern.

Darwin pun juga mengamati jika hewan mempunyai struktur mereka yang tidak menggunakannya, bahkan sering kali struktur ini lebih merosot ukurannya jika di bandingkan dengan organ yang berada dalam organisme lainnya. Pada manusia sendiri ini termasuk usus buntu, gigi bungsu.

Embriologi

Darwin pun juga mencatat berbagai persamaan yang sangat menonjol yang terdapat di embrio hewan yang kompleks seperti kodok, manusia, hewan, reptil. Darwin juga mengemukakan jika keseragaman ini merupakan bukti adanya evolusi. Darwin memperlihatkan embrio manusia berkembang dari embrio yang diwarisi leluhur.

Perbandingan Biokimia

Walaupun biokimia organisme ini tidak di kenal pada saat masa Darwin, biokimia ini menunjukkan kesamaan biokimia di semua makhluk hidup. Seperti mekanisme yang sama untuk mengubah atau menangkap energi untuk membangun protein yang berasal dari asam amino., ini begitu identik di berbagai sistem kehidupan.

DNA dan RNA sendiri ialah mekanisme warisan dan aktivitas dari gen di semua organisme yang hidup., struktur di kode genetik memang hampir identik di semua makhluk hidup. Keseragaman di dalam organisasi ini juga mendasari biokimia keragaman makhluk hidup di poin hubungan evolusioner.

Pengembangbiakan Domestik

Saat Anda mengamati berbagai macam percobaan untuk perkembangbiakan tumbuhan dan hewan peliharaan, Darwin ini mengembangkan ide yang berhubungan tentang cara evolusi ini terjadi. Peternakan domestik akan membawa bentuk yang sangat berbeda dari persediaan leluhur seperti peternak merpati yang mengembangkan banyak sekali merpati balapan dari berbagai eksperimen domestik.

Akibatnya evolusi juga terjadi dikarenakan bimbingan dari tangan manusia. Ada pula pengembangan tanaman pertanian yang baru oleh petani serta ahli botani juga memberi banyak sekali bukti evolusi diarahkan.

Distribusi Geografis

Darwin sendiri begitu tertarik pada bentuk kehidupan yang berasal dari Galapagos. Di sini ialah melihat banyak sekali burung serta hewan yang berada di sana. Keluarga Finch pun yang begitu membingungkan dikarenakan Darwin menemukan 13 spesies burung finch yang tidak ia temukan di dunia.

Dia menyimpulkan jika burung pipit telah berevolusi ke satu nenek moyang yang mencapai pulau di beberapa generasi yang sebelumnya. Di dalam isolasi dari kepulauan ini pipit asli telah berkembang sebanyak 13 spesies. Distribusi ini juga membantu menjelaskan evolusi.

 

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *