Inilah Perkiraan Penyebab Kepunahan Pada Makhluk Hidup

Inilah Perkiraan Penyebab Kepunahan Pada Makhluk Hidup – Mungkin Anda sering mendengar jika banyak hewan yang sekarang ini terancam kepunahannya seperti beruang. Beruang kutub terancam punah dikarenakan adanya pemanasan global. Hidup mereka begitu tergantung dengan lautan es yang digunakan untuk perburuan mereka, jika es mencair, tidak bisa di hindari beruang pun juga akan punah.

1

Selain adanya kerusakan habitat banyak masalah yang disebabkan oleh kebiasaan manusia yang mengancam jutaan spesies yang berada di bumi. Ini termasuk isu adanya perubahan iklim, panas, hingga over populasi.

Pemanasan global

Penyebab lainnya terjadinya kepunahan ialah pemanasan global. Sebutan ini terkenal dengan perubahan iklim yang terjadi secara global. Selama seabad terakhir ini suhu di bumi meningkat hingga 1 derajat celcius. Anda pasti tidak berfikir jika hal tersebut bisa mengakibatkan pemanasan global, padahal jika terjadi secara signifikan, Anda bisa menghitung berapa suhu bumi untuk berabad-abad ke depan.

Mungkin untuk mereka yang hidup di hutan bisa melakukan adaptasi, namun untuk mereka yang hidup di lingkungan liar, secara terus menerus perubahan iklim ini akan sangat berbahaya. Pembakaran bahan bakar fosil melepaskan gas ke atmosfir akan terus menghangatkan bumi. Penggunaan bahan bakar fosil selama ini juga terus mengalami peningkatan seperti minyak dan batubara.

Hal ini juga akan merubah iklim bumi. Setiap perubahan yang terjadi di jangka panjang bisa merusak habitat. Bahkan perubahan singkat di iklim ini menyebabkan stress organisme yang bisa bertahan hidup. Seperti terjadinya peningkatan suhu yang berada di laut walaupun hanya sebentar saja hal ini akan menyebabkan ikan sulit bereproduksi.

Polusi

Polusi akan menambah bahan kimia, panas, hingga kebisingan bahkan cahaya. Hal ini mempunyai efek yang sangat berbahaya bahkan satu sama lain berbeda untuk semua organisme.

Seperti pestisida yang hampir di eliminasi elang di beberapa belahan dunia, jenis pestisida ini mampu menyebabkan elang bertelur bahkan hingga sangat tipis., akibatnya telur elang pun hanya sedikit yang mengalami keberhasilan kelahiran. Akhirnya di suatu negara penggunaan DDT ini pun di larang karena adanya penurunan populasi elang yang sangat drastis.

Selain hal tersebut ada pula populasi air yang sudah tercemar di banyak negara yang diakibatkan oleh ulah manusia, seperti seekor burung korban dari tumpahan minyak yang tumpah dari kontainer Korea Selatan. Ada lagi kontaminasi tanah yang bisa menyebabkan kepunahan. Kontaminasi ini biasanya berasal dari limbah beracun yang berada di industri kota, irigasi, dan pestisida dari pertanian.

Mungkin Anda berpendapat jika kejadian ini hanya sedikit saja berpengaruh untuk kehidupan, nyatanya di jaman yang akan datang berbagai kejadian ulah dari manusia bisa menyebabkan kepunahan.

Pertumbuhan berlebih manusia

Tentu Anda mengetahui jika saat ini populasi manusia memang terus meningkat. Bahkan menakjubkannya populasi manusia ini melewati 7 miliar yang di tandai di bulan Oktober 2011, bahkan hal ini juga bisa menembus hingga 8 dan 9 milyar sebelum pertengahan abad ini.

Semua orang yang hidup pun membutuhkan berbagai macam sumberdaya seperti makanan untuk dimakan, air untuk di minum, tempat tinggal dan menggunakan energi serta menciptakan berbagai macam limbah. Pada dasarnya pertumbuhan ini dapat mempengaruhi berbagai kepunahan.

Banyak orang yang berada di bumi akan lebih banyak pula orang yang memiliki kontribusi untuk polusi ataupun pemanasan global. Banyaknya orang yang lahir juga lebih banyak membutuhkan lahan yang di gunakan untuk membangun rumah. Kerusakan ini bisa memaksakan spesies menjadi punah bahkan berpindah ke tempat yang lain.

 

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *