Inilah Tentang Rahasia Agar Skutik Anda Makin Lincah

Inilah Tentang Rahasia Agar Skutik Anda Makin Lincah – Menjelang tahun 2015 hingga tahun 2016, di Indonesia terutama pada kota-kota besar seperti Jakarta, Medan, Bandung, Surabaya atau Denpasar adalah tahun yang tepat bagi perusahaan penyedia sepeda motor berjenis skutik untuk mengembangkan produknya yaitu terdapat banyak pilihan yang dapat memanjakan calon konsumen dengan menawarkan kepraktisan dan model-model cantik dan begitu mudah dijalankan karena anda tidak membutuhkan oper gigi.

in

Bagi sebagian orang, performa skutik yang beredar di pasaran saat ini masih dirasa kurang lincah meskipun bagi masyarakat awam, produk mereka sudah sangat sempurna.

Menurut Yudo Handoko selaku Head Outlet TDR Technology Center di Jakarta mengatakan bahwa salah satu cara agar skutik lincah milik anda dapat dioptimalkan secara maksimal untuk penggunaan sehari-hari adalah dengan cara up – grade bagian CVT assy. Ubahan ini wajib anda lakukan dengan cara mengganti roller menjadi yang lebih berat.

Tidak hanya wajib menyediakan komponen aftermarket, Yudo Handoko juga menyebutkan bahwa bila konsumen bisa secara langsung memasang komponen-komponen yang dibutuhkan dengan sendiri di rumah dan dapatkan yang anda butuhkan di outlet TDR.

Untuk pemasangan free selama part beli bisa anda lakukan di bengkel-bengkel yang khusus menyediakan fasilitas tersebut di kota tempat anda tinggal.

Namun demikian, proses penggantian komponen CVT assy tidak bisa sembarangan dilakukan tanpa memiliki pengetahuan dasar tentang otomotif terutama skutik dan hindari asal pasang tanpa perhitungan.

Diperlukan pengetesan terhadap pemasangan komponen dengan sistem plug and play ( PNP ) sehingga menghasilkan performa yang ideal.

Kick Starter Skutik Wajib Digunakan

Jika anda bandingkan dengan motor bebek, maka kick starter motor skutik memiliki karakter lebih sulit untuk digunakan oleh masyarakat awam jika anda kurang terbiasa memakainya.

Karena posisi alat tersebut berada dibagian kiri belakang sehingga membutuhkan standar ganda untuk menggunakannya.

Lain halnya dengan memakai kick starter motor bebek. Menurut beberapa montir yang ahli menangani skuitik, kick starter motor bebek sifatnya lebih tahan lama meskipun jarang dimanfaatkan karena sistemnya basah ( harus digenangi oli ).

Kick starter sifatnya kering, seperti mesinnya, sehingga jika anda lama tidak menggunakannya maka akan menyebabkan mesin menjadi mudah macet.

Selain itu, menggunakan kick starter banyak membantu anda dalam hal mengawetkan aki. Jika anda lebih sering menggunakan electric starter, apalagi dalam kondisi mesin skutik masih dingin, anda bisa membuat daya aki secara langsung yang tersedot dan membuat kerja aki menjadi lebih berat.

Karena alasan – alasan tersebut di ataslah maka disarankan agar pengguna skutik untuk tidak lupa selalu menggunakan kick starter minimal satu kali perharinya.

Ini Yang Membuat Starter Motor Skutik Senyap.

Salah satu keunggulan lain dari skutik teranyar keluaran tahun 2015-2016 dibandingkan produk lama sebelum tahun 2015 adalah alternating current generator (ACG), yaitu teknologi starter elektrik yang menjadikan suara motor skutik anda terdengar halus saat dinyalakan.

Selanjutnya adalah bagaimana cara kerja teknologi ACG ini sehingga anda bisa meredam suara motor secara signifikan saat motor tersebut dinyalakan ?

Pada sistem starter konvensional, part terpenting adalah motor listrik dan gigi starter ( sliding gear ) yang berfungsi untuk memutar kruk as.

Saat starter mulai ditekan, maka suara yang muncul adalah berasal dari gigi penghubung yang saling menggerakkan. Pada starter ACG, motor listrik dan gear tidak dibutuhkan lagi, ACG starter hanya berfungsi sebagai penggerak kruk as dan piston saja.

Sementara saat mesin hidup, ACG berubah fungsi menjadi penghasil arus listrik. Jarang digunakannya gear inilah yang menjadi kunci utama mengapa suara yang keluar saat motor distarter atau ditekan menjadi senyap.

Tidak ada lagi gesekan signifikan yang akan memunculkan suara bising. ACG juga sebagai penyebab utama mengapa putaran mesin skutik saat awal distarter menjadi lebih ringan karena adanya fitur dekompresi. Itulah sebabnya, fitur ini membuat tekanan lebih kuat dalam ruang bakar yang mulai berkurang.

Saat berfungsi sebagai alternator (perangkat elektromekanis yang mengkonversi energi mekanik menjadi energi listrik arus bolak-balik), ACG bisa menyimpan arus listrik di aki. Hal inilah yang membuat ACG mampu membuat aki menjadi lebih tahan lama.

Baca Artikel Lainnya :

Sebagai informasi tambahan bagi para pembaca, beberapa skutik yang telah mengadopsi teknologi ini adalah Vario Techno 125, Beat POP eSP, dan PCX.

Loading...

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *