Interaksi tanaman dengan hara

Interaksi tanaman dengan hara – Dalam keadaan tergenang keracunan Fe sering timbul dan menghambat pertumbuhan tanaman. Lahan keracunan Fe umumnya tersebar di daerah pasang surut, gambut, daerah rendah, cekungan dan bukaan baru melaporkan penurunan hasil padi pada lahan keracunan besi mencapai 70% untuk varietas peka dan 30% untuk varietas toleran. Berbagai teknologi telah tersedia untuk meningkatkan produksi padi pada lahan keracunan Fe, diantaranya melalui perbaikan drainase, pemupukan berimbang, penambahan bahan organik dan pengapuran..

Untitled

Keracunan besi pada tanaman padi telah banyak dipelajari mekanismenya. Tanaman yang kelebihan besi menunjukkan bintik-bintik cokelat kecil menyebar hingga ke dasar daun yang lebih rendah atau tua. Besi pada jaringan dapat mengkatalisis generasi aktif oxy-spesies gen melalui besi katalis Haber-Weiss reaksi (reaksi Fenton). Tanpa besi reaksi ini dilaporkan menjadi lambat dalam keadaan normal. Dalam situasi terendam air, kelebihan zat besi larut dalam air pada media pertumbuhan dan translokasi ke dalam sel tanaman menghambat pertumbuhan tanaman dan menyebabkan kerusakan oksidatif dalam sel.

Besi sebagai unsur penting untuk semua tanaman memiliki banyak peran biologis yang penting dalam proses yang beragam seperti fotosintesis, pengembangan kloroplas dan biosintesis klorofil. Besi dibutuhkan tanaman dalam jumlah tertentu namun kandungan besi yang terlalu banyak di dalam tanah justru akan menyebabkan tanaman keracunan sehingga kadar besi di dalam tanah penting untuk diperhatikan. Sel tumbuhan yang toleran besi menggunakan sistem pertahanan antioksidan seperti SOD, POD, PPO dan CAT untuk melindungi jaringan dari besi dimediasi oxi- kerusakan datif. Dismutase super oksida mengurangi aktivitas radikal yang disebabkan oksida berlebih untuk menghasilkan H2O2 yang kemudian diatur secara enzimatis oleh catalases dan peroksidase.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *