Jalan-jalan Sambil Mengenal Sejarah Kota Tua

Kota Tua merupakan salah satu destinasi wisata yang paling sering dikunjungi oleh kebanyakan penduduk Jakarta hingga dari luar kota. Tempat wisata ini menjadi pilihan yang cukup banyak bagi sebagian orang karena mengandung nilai sejarah dan biaya masuk yang cukup terjangkau. Bukan hanya penduduk lokal saja, wisatawan asing/bule juga dapat kita banyak temui dan turut meramaikan suasana di Kota Tua. Nah, ini beberapa destinasi yang harus anda kunjungi di Kota Tua.

fi 51

Kota Tua terdiri dari Museum Bank Mandiri, dimana museum ini yang membuat kita tahu tentang sejarah uang. Fasilitas yang canggih didalamnya membuat anda bisa lebih tahu detail. Disana juga tersimpan beberapa cerita bagaimana manajemen keuangan dan tokoh-tokoh pejuang pada jaman dahulu dan bahkan uang-uang kuno pun menjadi koleksi yang paling ingin dilihat oleh pengunjung.

Museum Fatahillah adalah museum yang membuat kita mengenal sejarah peninggalan Belanda yang dulunya sempat dijadikan Balai Kota, tempat pengadilan bahkan penjara bawah tanah yang menyimpan cerita mistis didalamnya. Didalamnya berisi kurang lebih 25000 barang unik dan antik yang diabadikan sampai sekarang.

Indonesia mempunyai kerajinan dan pertunjukan khas yaitu wayang. Nah, di Kota Tua kita bisa berkunjung ke Museum Wayang. Anda bisa belajar tentang bagaimana sejarah Museum Wayang. Ratusan berbagai model wayang menghiasi sisi kanan dan kiri dan menyambut anda ketika masuk ke dalamnya. Tentunya kita harus berhati-hati pada saat jalan agar tidak menyenggol wayang yang berada di sisi dinding, karena beberapa wayang tidak dilapisi oleh pelindung kaca.

Bila anda suka dengan hal-hal yang history dan mencoba makanan jadul, anda bisa mampir ke Café Batavia. Disini anda bisa mencicipi makanan waktu dulu dan bernostalgia. Anda juga bisa berfoto untuk dijadikan kenang-kenangan. Nah disekitar Kota Tua juga disediakan jasa sepeda ontel dan topi bundar yang membuat kamu benar-benar merasa berada di jaman dulu. Anda bisa menyewa dan menaiki sepeda disekitar Kota Tua.

Soal makanan anda tidak perlu takut. Karena disana banyak sekali pedagang kaki lima yang menjajakan makanan dengan harga yang terjangkau dan banyak variasinya. Juga anda tidak perlu haus, karena jajanan es tradisional tersedia disana.

Anda juga bisa membeli beberapa souvenir untuk dibawa pulang sebagai kenang-kenangan. Karena Kota Tua merupakan tempat yang bersejarah, maka sangat banyak dikunjungi oleh pelajar dihari biasa(weekday). Untuk beberapa museum bila anda membawa kartu pelajar akan tidak dikenakan biaya.

Nah menarik bukan jalan-jalan sambil belajar di Kota Tua? Sempatkan diri anda bersama keluarga atau sahabat untuk mengunjungi museum-museum yang ada di Kota Tua dan kembali merasakan nostalgia ibukota di jaman dahulu.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *