Jamur Shitake : Enak, Sehat dan Menghambat Perkembangan Virus HIV

Jamur Shitake : Enak, Sehat dan Menghambat Perkembangan Virus HIV – Banyak sekali jenis jamur yang dapat di konsumsi atau edible mushroom. Jamur-jamur tersebut banyak dibudidayakan seperti jamur tiram(Pleurotus sp), jamur shitake (Lentinus edodes), jamur kancing(Aagaricus sp), jamur  kuping (Auricularia auricular),  jamur merang (Volvariella volvaceae), dan masih banyak lagi.

Untitled

Selain memiliki cita rasa enak, murah dan mudah diperoleh untuk dikonsumsi serta mempunyai kandungan gizi serta serat yang tinggi, jamur-jamur tersebut juga sangat bermanfaat bagi kesehatan.  Edible mushroom mempunyai kandungan gizi yang cukup tinggi karena mengandung protein, asam amino esensial, lemak tidak jenuh, serat, mineral, hormon, vitamin serta enzim.

Salah satu jamur yang bermanfaat bagi kesehatan adalah jamur shitake. Senyawa yang terdapat pada jamur shitake dapat menghambat virus HIV atau (Human Immunodeficency Virus) karena di dalam shitake terdapat  senyawa beta-glucan. Beta-glucan adalah salah satu komponen penyusun dinding sel jamur, seangkan komponen penyusun lainnya meliputi mannoprotein, glycoprotein, chitin, dan membrane plasma.

Seperti yang anda tahu bahwa banyak masyarakat yang terinfeksi  virus HIV sehingga akan mengakibatkan imun atau sistem kekebalan tubuh menurun. Penyakit ini lebih dikenal dengan AIDS. Sebelumnya di Jepang telah dilakukan uji sebuah riset mengenai kemampuan jamur Shitake dalam menghambat virus HIV.

Selain mengandung beta glucan, jamur juga mempunyai senyawa lainnya yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, bermanfaat sebagai penurun kadar kolesterol, anti-virus anti-kanker dan anti-diabetes. Kelebihan senyawa beta-glucan dibandingkan senyawa lainnya adalah sifatnya yang tidak pernah rusak jika dipanaskan atau ketika jamur dimasak dengan suhu tinggi.

Baca Artikel Lainnya :

Banyak literature yang menyatakan bahwa edible mushroom memiliki banyak manfaat kesehatan diantaranya adalah anti kanker, anti diabetes, anti virus, anti kolesterol dan mampu meningkatkan stamina serta kebugaran tubuh. Dengan tingginya serat yang terkandung dalam jamur juga dapat memperlancar sistem pencernaan kita.

Selain itu pada tubuh buah jamur mengandung asam glutamate sehingga dapat menambah cita rasa yang khas, meningkatkan aroma serta rasa masakan yang dapat menjadi enak. Dengan banyak mengkonsumsi jamur anda akan tetap sehat serta dapat mengurangi resiko berbagai macam penyakit degeneratif.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *