Jejak Sejarah Kemerdekaan Bangsa Indonesia

Kedatangan bangsa Portugis ke tanah air pada abad ke-16 menjadi titik awal sejarah tercatatnya kemerdekaan bangsa Indonesia. Pada abad ke-16 bangsa Portugis datang ke Indonesia dengan maksud untuk menguasai semua pasar rempah. Kemudian memiliki tujuan lebih yakni menguasai hasil perkebunan rempah yang ada sehingga bisa disebut sebagai penjajahan. Portugis juga memiliki tujuan lain yakni memperkenalkan keyakinan Katolik kepada penduduk pribumi.

fi 71

Sayangnya Indonesia seolah menjadi ladang bagi kaum penjajah, sebab selepas angkat kakinya bangsa Portugis. Indonesia belum bisa dikatakan telah merdeka, sebab datang penjajah dari bangsa lain, yakni Belanda yang juga memiliki tujuan serupa dengan Portugis. Bangsa Belanda bergabung dengan VOC dan mulai menduduki beberapa daerah strategis di Indonesia.

Belanda sendiri dalam catatan sejarah menjadi penjajah yang paling lama berada di Indonesia, yakni 3,5 abad. Belanda awal masuk ke Indonesia dikenal sebagai VOC dan kemudian pada tahun 1800 berubah nama menjadi Hindia Belanda.

Kemudian pada tahun 1942 negara Belanda terusir oleh kedatangan tentara Jepang, yang kemudian menjadikan Indonesia berganti penjajah dari negara Asia Tenggara tersebut. Namun pada tahun 1945 negara Jepang mengalami kekalahan dalam Perang Dunia II yang kemudian memaksa bangsa tersebut mengakui kemerdekaan bangsa Indonesia. Sejarah mencatat masa kemerdekaan Indonesia terjadi pada saat pembacaan teks proklamasi tanggal 17 Agustus 1945 dan saat masih diduduki oleh Jepang.

Masa-Masa Memperjuangkan Kemerdekaan Indonesia

Bangsa Portugis pertama kali menginjakkan kaki di nusantara pada tahun 1522 dan mencoba melakukan koalisi dengan beberapa kerajaan di tanah air. Proses koalisi berlangsung di beberapa daerah, dan salah satunya ialah di Jawa Barat yang waktu itu tengah berkoalisi dengan Kerajaan Sunda.

Namun koalisi yang menggunakan perjanjian tertulis tersebut mendapatkan penolakan keras dari Kerajan Sunda. Mengalami kegagalan di Jawa Barat, akhirnya mengalihkan sasaran ke daerah Maluku.

Pada tahun 1957 tentara Portugis mengalami kekalahan melawan tentara dari Ternate, dan juga bertambah buruk posisi mereka. Dengan masukkan bangsa Belanda yang secara serempak datang ke beberapa wilayah strategis di Maluku. Meski hanya sebentar masuk ke Indonesia, namun Portugis meninggalkan banyak nilai sejarah dan efek. Yakni berkembangnya agama Khatolik dengan pesat dan adanya beberapa nama penduduk pribumi dengan nama bangsa Portugis.

Berlanjut kepada masa pendudukan VOC yang masuk ke Indonesia pada tahun 1602, dan setelah beberapa tahun mengalami kebangkrutan. Pada akhirnya Belanda kemudian tidak tinggal diam dan mencoba turun langsung menangani kekuasaan di Indonesia. Maka Belanda menjadi penguasa perdagangan rempah hingga serdadu Jepang masuk ke tanah air.

Selepas pendudukan Jepang yang kemudian kalah pada PD II menjadikan Belanda masuk kembali ke tanah air. Namun Indonesia sudah bangkit dan memperjuangkan kemerdekaan dengan melakukan perang pengusiran penjajah di berbagai penjuru nusantara.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *