Jembatan Akar Fenomenal dan Unik di Indonesia

Jembatan Akar Fenomenal dan Unik di Indonesia – Indonesia merupakan salah satu Negara yang mempunyai berbagai keunikan suku budaya, adat istiadat, bahasa dan lain sebagainya. Beberapa hal yang ada di Indonesia juga memiliki keunikan tersendiri di mata dunia dan tidak dapat ditemukan di tempat lainnya.

1

Salah satunya yaitu keunikan Jembatan Akar yang ada di wilayah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Jembatan yang satu ini merupakan salah satu jembatan fenomenal yang paling unik di dunia. Jembatan akar sangat kuat dan dijadikan sebagai penghubung antara Jorong/Dusun Puluik-puluik dan Lubuak Silau yang berlokasi di Desa Lubuak Silau, Kecamatan Bayang Utara.

Dari kota Padang, anda perlu menempuh perjalanan sekitar 82 kilometer untuk sampai ke Jembatan Akar atau sekitar 2 jam perjalanan dengan memakai kendaraan bermotor. Aliran sungai nan jernih dan alami memberikan suasana alam yang asri dan membuat siapapun merasa sejuk dan tentram dibuatnya.

Berdasarkan mitos yang terdengar di masyarakat, seseorang yang mandi di bawah Jembatan Akar akan cepat mendapatkan jodoh dan rejeki. Sebab, tempat tersebut dikenal sangat keramat dan menyimpan banyak cerita menarik.

Menurut tokoh masyarakat setempat, Jembatan Akar dibuat oleh seorang ulama bernama Pakih Sokan di tahun 1916. Ia menanam dua batang pohon jawi-jawi atau sejenis pohon beringin yang memiliki daun lebar di dua tempat yaitu daerah Puluik-puluik dan Lubuak Silau yang terpisah dengan batang bayang atau sungai.

Akar pohon yang bergantungan dijalin memakai batang bamboo sebagai tulang dari Jembatan Akar yang dibuat. Setelah beberapa tahun lamanya, kedua akar pohon tersebut telah bertaut tetapi belum bisa dilewati atau digunakan sebagai jembatan.

Kemudian, Pakih Pohan melakukan ritual potong kambing dan memberikan darah pada akar tersebut. Hingga akhirnya setelah 20 tahun berlalu, Jembatan Akar dapat digunakan sebagai alternative bagi masyarakat Puluik-puluik yang ingin menyeberang ke Lubuak Silau.

Sampai saat ini, Jembatan Akar masih berdiri kokoh dengan panjang sekitar 30 meter dan lebarnya 1 meter di atas permukaan batang bayang kurang lebih 10 meter. Karena merupakan lokasi yang dianggap keramat, maka ada beberapa larangan yang harus dipatuhi ketika memasuki kawasan wisata andalan Kabupaten Pesisir Selatan yang satu ini.

Baca Juga :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *