Jenis dan Cara Pengendalian Hama dan Penyakit Tanaman Jarak

Jenis dan Cara Pengendalian Hama dan Penyakit Tanaman Jarak – Tanaman Jarak atau yang memiliki nama latin Jatropha curcas l ini dikenal sebagai tanaman yang tak bermasalah. Dalam artian, dapat tumbuh dengan subur dalam berbagai wilayah.

1

Bahkan memiliki ketahanan yang hebat dari serangan hama dan penyakit. Sangat jarang sekali tanaman ini memiliki gangguan atas adanya serangan beberapa masalah tersebut. Jadi, tanaman ini dapat tumbuh lebih terjaga dan memberikan hasil panen yang optimal.

Meskipun begitu, tanaman Jarak juga memiliki resiko untuk terserang beberapa hama dan penyakit. Dari serangan ini, tanaman tersebut menjadi terganggu dan tak dapat dipanen dalam kondisi yang sehat. Sehingga, hasil panen menjadi berkurang dan kualitas menjadi menurun. Untuk diperlukan tindakan yang lebih tepat lagi dalam mengatasi beberapa serangan masalah yang ada. Seperti halnya pada beberapa sebab dan cara menanggulanginya berikut ini:

Hama Thrips

Hama yang satu ini dikenal sebagai serangan Thrips atau Selenithrips rubrocinctus Grd yang merupakan sejenis serangga terbang. Dimana serangan dari serangga ini menjadi daun-daunnya habis dimakan olehnya. Terlebih di musim tropis, serangan ini seringkali terjadi dan menjadikan pohon Jarak tak berdaun.

Serangan dari serangga ini mematikan tanaman dari bagian daunnya yakni menghisap bagian daun hingga habis nutrisinya atau mengering. Dalam serangan hama ini, cara yang tepat ialah menyemprotkan pestisida dan yang dicampurkan dengan air. Perawatan ini dapat dilakukan dari waktu pagi hari. Lalu, membuang daun-daun yang telah terserang.

Hama Tungau

Pada tanaman Jarak ini, terdapat dua Tungau yang berbeda yang menyebabkan resiko buruk pada tanaman tersebut. Serangan dari Tungau tersebut menuju pada bagian pucuk daun dan bersembunyi di belakang daun lalu menginfeksi daun-daun tersebut.

Hingga akhirnya daun menjadi sakit, seperti daun yang berwarna kuning, berkeriput, lalu gugur dan menjadikan pertumbuhan yang terhambat. Untuk mengatasi hama ini, diperlukan ketelitian untuk penyemprotan dari bagian pucuk dan bagian bawah dari daun. Lalu membuang daun-daun yang telah terserang sebelum menyebarkan virus ke bagian daun yang lain.

Wereng

Hama ini datang tanpa mengenal waktu dan hampir setiap tahun dapat menyerang pada tanaman Jarak ini. Akibatnya, daun menjadi berwarna coklat kemerah-merahan lalu menjadi mati. Selain itu, membuat daun-daun menjadi keriting dan menggulung dari bagian ujung hingga secara keseluruhan.

Kutu bertepung putih

Hama dari kutu ini menyerang pada bagian daun dan menghisap nutrisi hingga daun menjadi mati. Serangan dari kutu ini lebih berpacu pada daun yang muda lalu menyebar ke beberapa titik lain melalui angin. Jadi, dari satu titik dapat tersebar ke tanaman lain yang berada dalam jarak dekat ataupun jauh.

Serangan ini membuat daun menjadi kuning dan mati. Cara penanggulangan hama ini ialah membuang bagian yang telah terserang lalu membakarnya agar virus dapat mati tanpa tersebar lagi. Kemudian bisa menambahkan semprotan pestisida secukupnya.

Selain serangan dari beberapa hama tersebut, terdapat serangan dari penyakit, seperti:

  • Penyakit bercak pada daun yang menjadikan daun hijau jadi coklat.
  • Penyakit layu fusarium yang menjadikan daun-daun rontok dan gugur.
  • Penyakit bercak daun bakteri yang membuat daun menjadi kering, menguning akibat bercak-bercak yang ditimbulkan oleh bakteri.

Beberapa penyakit tersebut dapat dihandle dengan menggunakan pestisida yang disemprotkan pada seluruh bagian, terutama pada bagian daun yang atas maupun bawah. Bila perlu membuang daun-daun yang terserang sebelum menyebar ke bagian yang lainnya. Kemudian bisa dibakar agar penyakit bisa mati dan tak menyerang lagi.

 

Baca Artikel Lainnya :

Loading...

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *