Jenis dan Ciri Tanah Vulkanis

Jenis dan Ciri Tanah Vulkanis – Indonesia adalah negara yang kaya akan sumber daya alam. Indonesia adalah negara maritim, dikelilingi banyak laut dan kepulauan yang memiliki daratan luas dengan macam-macam tanah yang berbeda. Berbagai macam tanaman dan tumbuhan dapat tumbuh dan berkembangbiak dengan subur di Indonesia sebab Indonesia memiliki macam-macam tanah. Jenis-jenis tanah yang ada di Indonesia adalah, tanah humus, tanah endapan, tanah ponzolit, tanah laterit, tanah gambut, tanah kapur. Dari sekian banyak jenis tanah tersebut ada satu jenis yang belum disebutkan yaitu tanah vulkanis. Tanah tersebut yang akan dikupas dalam artikel kali ini. Sebagai warga negara Indonesia yang baik wajib menyimak.

Untitled

Sebelum ke pokok pembahasan mari kita ke pengertian tanah terlebih dahulu. Apakah tanah itu? Tanah adalah lapisan teratas dari bumi, campuran dari makhluk hidup yang sudah mati dan busuk dan batuan yang telah lapuk. Karena pengaruh cuaca jasad mahluk hiup lapuk, kemudian kandungan mineralnya akan terlepas lalu terbentuklah tanah yang subur. Setelah mengetahui apa itu tanah, sekarang lanjut ke pengertian tanah vulkanis adalah lapukan dari materi meletusnya gunung berapi membentuk tanah yang subur yang mengandung zat hara tinggi.

Jenis tanah vulkanis dapat kita jumpai di sekitar lereng gunung berapi. Jenis tanah ini dibagi menjadi dua:

  1. Regosol

Ciri-ciri tanah regosol adalah berwarna abu-abu hingga kuning, butiran-butirannya kasar, bahan organiknya sedikit. Buah-buahan, palawija, dan tembakau sangat cocok tumbuh di tanah regosol.

  1. Latosol

Ciri-ciri tanah latosol berwarna merah sampai kuning, bahan organiknya sedang, dan sifatnya asam. Kopi, karet, kelapa, padi, dan palawija cocok untuk ditanam di tanah latosol. Tanah latosol banyak terdapat di pulau sumatra.

Untuk melestarikan sumber daya tanah yang harus dilakukan adalah usahakan memupuk tanah dengan pupuk kompos/pupuk kandang jangan memakai pupuk yang mengandung bahan kimia. Pada lereng gunung buatlah hutan cadangan. Di daerah-daerah miring buatlah terassering. Lakukan reboisasi dan penghijauan pada hutan gundul. Dengan tetap menjaga kesuburan tanah termasuk juga tanah vulkanis maka negara akan semakin makmur dan jaya. Cintailah kekayaan yang dimiliki oleh negara kita.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *