Jenis dan karakteristik Pupuk Hijau

Jenis dan karakteristik Pupuk Hijau – Harga pupuk kimia yang semakin melambung dewasa ini, membuat para petani mulai mengalihkan pilihannya pada produk pupuk organik. Salah satu yang menjadi daya tarik darijenis pupuk oranik adalah pupuk hijau, karena selain minim bahan-bahan kimia, pupuk hijaudapat dibuat sendiri oleh para petani. Jenis dan karakteristik pupuk hijau pun beragam, serta bisa dibuat dengan mudah dari dari bahan-bahan yang terdapat di lingkungan sekitar.

Untitled

Pupuk hiijau adalah jenis pupuk yang terbuat dari tanaman, baik daun, batang dan juga akarnya. Salah satu jenis dan karakteristik pupuk hijau adalah berasal dari tanaman legum (kacang-kacangan). Tanaman ini mempunyai bintil akar yang berfungsi untuk mengikat nitrogen dari udara sehingga kandungan nitrogen yang tinggi pada tanaman ini dapat berperan dalam proses penyuburan tanah. Inilah yang kemudian dimanfaatkan oleh para petani untuk menjadikannya pupuk.

Jenis dan karakteristik pupuk hijau jugadapat dibedakan berdasarkan cara pengolahandan penanamannya, antara lain :

  • Tanaman sisa panen. Tanaman yang telah selesai dipanen, sisa-sisa tanaman yang masih ada dilahan sebaiknya biarkan dahulu selama tenggang waktu sampai melapuk. Setelah tanaman tersebut terurai, dan bercampur dengan tanah bisa dimanfaatkan sebagai pupuk dan tanah siap digunakan kembali untuk menanam.
  • Tanaman penyerta. Yaitu dengan menyertakan tanaman yang akan digunakan sebagai pupuk hijau (tanaman penyerta) berdampingan dengan tanaman utama. Tanaman penyerta ini bisa ditanam di sekeliling tanaman utama, atau disela-selanya.
  • Tanaman penutup. Biasanya tanaman ini ditanam ketika selesai masa panen danjarak dengan penanaman berikutnya cukup lama. Selang antara jarak tersebut, dapat digunakan untuk menanam tanaman legume untuk menutupi permukaan tanahnya, bertujuan untuk menambah unsur nitrogen dalam tanah tersebut.
  • Tanaman liar. Tanaman ini tumbuh di sekitar lahan secara liar. Pada lahan dengan kandungan organik tinggi, tanaman liar ini dapat dimanfaatkan sebagai pupukhijau dengan cara dibenamkan bersama saat pengolahan tanahnya.

Banyak yang bisa dilakukan untuk memaksimalkan produksi tanaman dengan cara yang mudahdan murah. Dengan mengetahui jenis dan karakteristik pupuk hijau, petani dapat memanfaatkan sumber daya yang ada di lingkungan sekitar sehingga kesuburan tanah bisa terjaga.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *