Jenis dan Macam Angin Menurut Para Ahli

Menurut Anda apa sih angin itu? Angin?? Emmm… apa ya? Jadi, angin dapat didefinisikan sebagai udara yang bergerak akibat dari perputaran Bumi (rotasi), dan perbedaan tekanan udara atau atmosfer di sekitarnya.

c 107

Udara terdiri atas berbagai gas yang bercampur seperti oksigen, karbon dioksida, nitrogen, dan gas lainnya. Ketika molekul-molekul tadi bergerak dalam arah yang sama, maka terbentuklah angin. Angin bergerak dari udara yang bertekanan tinggi ke udara yang bertekanan rendah.

Kenapa ada angin yang kencang?

Kencang tidaknya angin dipengaruhi oleh faktor utama yaitu besarnya perbedaan tekanan atmosfer yang ada di lingkungan udara sekitar. Jika terjadi banyak kesenjangan diantaranya, maka terjadilah angin yang kencang. Begitu pula dengan angin yang tipis atau semilir, maka perbedaan tekanan udaranya rendah.

Apa saja jenis dan macam angin?

1. Angin darat dan angin laut

  • Angin darat

Angin darat adalah angin yang berembus dari darat ke laut. Umumnya, angin ini terjadi pada malam hari. Khususnya pada rentang waktu jam 8 malam sampai jam 6 pagi hari. Manfaat dari angin ini digunakan oleh para nelayan saat akan melaut mencari ikan.

  • Angin Laut

Angin laut adalah angin yang berembus dari laut ke darat. Biasanya, angin ini terjadi pada siang hari antara pukul 9 pagi sampai 4 sore. Aplikasi manfaat dari angin ini adalah nelayan dapat pulang dari kegiatannya menangkap ikan di laut.

2. Angin Gunung dan Angin Lembah

  • Angin Gunung

Angin gunung adalah embusan udara yang berasal dari puncak gunung ke lembah dan umumnya terjadi pada malam hari.

  • Angin Lembah

Sedangkan angin lembah adalah udara yang bergerak dari lembah ke puncak dan biasanya terjadi pada siang hari.

3. Angin Jatuh

Angin jenis ini disebut juga angin Fohn, disebabkan oleh hujan orografis. Faktor yang memengaruhinya adalah suhu dan kelengasan sebab ia terbentuk dari perbedaan kedua faktor tersebut.

Disebut angin jatuh karena terdapat massa molekul udara dari pegunungan yang memiliki tinggi setidaknya 200 meter atau lebih kemudian turun atau jatuh pada sisi lain di pegunungan. Angin jatuh yang berasal dari puncak pegunungan memiliki karakteristik kering sebab uapnya sudah terbuang saat terjadi hujan orografis.

Angin ini berdampak buruk baik pada manusia maupun makhluk lainnya seperti tumbuhan dan hewan. Hewan bisa mati terkena embusan angin ini, apalagi tumbuhan? Sedangkan untuk manusia, daya tahan tubuhnya bisa menurun.

4. Angin Muson

Adalah angin yang berembus secara periodik dan polanya akan berlawanan (berlawanan arah) setiap enam bulan sekali. Angin muson dibedakan menjadi 2 yaitu:

Baca Artikel Lainnya :

  • Muson Barat

Angin yang bertiup dari musim dingin ke musim panas dan mengandung curah hujan yang tinggi disebabkan karena angin ini telah melewati wilayah perairan yang luas. Hal ini menyebabkan Indonesia mengalami musim hujan.

  • Muson Timur

Angin ini bertiup dari musim dingin ke musim panas dan hanya mengandung sedikit air karena melewati daerah yang kering dan celah sempit seperti gurun. Inilah yang menyebabkan Indonesia dilanda kemarau saat bulan Juni sampai maksimal bulan Juli.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *