Jenis dan Macam Hama Pohon Mangga

UntitledJenis dan Macam Hama Pohon Mangga – Tanaman bagi beberapa orang merupakan salah satu hal patut untuk dirawat dan juga dijaga agar menghasilkan buah atau bunga yang indah. Salah satu tanaman yang biasanya menjadi favorit dan kesukaan para penduduk di Indonesia adalah pohon manga.

Pohon ini seringkali memberikan manfaatnya berupa keadaan dari lingkungan rumah yang akan terasa lebih adem dan sejuk dan Anda juga akan dengan mudah mendapatkan khasiatnya dari buah yang dihasilkan dari tanaman tersebut. Namun akan terasa jengkel rasanya jika Anda mendapati dari beberapa tanaman pohon mangga Anda mengalami kerusakan atau kesakitan yang disebabkan oleh adanya hama.

Hama pertama yang biasanya menjangkit tanaman pohon mangga adalah hama pengeruk buah. Hama ini tinggal dan hidup di dalam buah mangga khususnya mangga telah masak atau matang. Binatang ini juga akan dengan sukses melubangi buah mangga dengan tidak meninggalkan tanda sama sekali di permukaan dari buah mangga yang dihasilkan. Hasil dari perbuatan hama ini adalah membuat buah mangga Anda menjadi menurun kualitasnya.

Hama kedua yang juga meresahkan adalah kehadiran dari hama wereng mangga. Hama ini akan menghisap adanya cairan dari daun muda dan membuat tunas atau juga bagian yang telah dihisap tersebut layu dan akhirnya mati dengan keadaan yang mengenaskan yaitu mengering. Kerusakan yang ditimbulkan oleh hama ini memang cukup mengganggu dan juga seram, sebab akan membuat bibit mati dan juga seringkali diikuti oleh adanya embun jelaga.

Hama kedua yang menjadi sangat menakutkan bagi tanaman mangga adalah keberadaan dari lalat buah. Lalat ini memiliki fungsi tersendiri dari alat sedotnya yang runcing. Ciri dari buah mangga yang telah terjangkit dari lalat atau hama ini adalah terlihat dari adanya bekas dari tusukan lalat ini untuk meletakkan telur-telurnya.

Hama dari anakan lalat ini akan dengan mudah memakan daging dari buah mangga dan kemudian membuat buah yang Anda tanam akan mengalami beberapa kebusukan dan busuk sebelum menjadi matang. Untuk pencegahan yang dilakukan Anda bisa membungkus beberapa buah mangga yang sedang tumbuh dengan Koran atau juga beberapa pembungkus lainnya seperti plastic agar buah Anda terbebas dari hama yang satu ini.

Hama keempat dari tumbuhan mangga ini biasanya berupa adanya jamur yang memiliki nama latin collectrichum. Hama ini muncul pada beberapa tumbuhan dan juga mangga muda. Hama yang menyebabkan penyakit ini memiliki gejala serangan berupa adanya bercak dengan warna cokelat keabu-abuan. Ukuran bercak dari gejala ini juga memiliki ukuran sekitar 5 mm. Untuk menanggulangi hama ini Anda bisa membersihkan beberapa ranting pohon setelah panen terjadi dan juga tidak menggunakan fungisida ketika tumbuhan mulai untuk berbunga.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

One thought on “Jenis dan Macam Hama Pohon Mangga

  1. Pingback: Hama dan Penyakit Pada Tanaman Tomat | Pusat Infomasi Pertanian Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *