Jenis dan Macam Iklim yang Ada di Dunia

Iklim merupakan lazimnya cuaca pada suatu tempat di permukaan Bumi ini dalam periode waktu yang cukup panjang.

c 108

Iklim bisa dipengaruhi oleh berbagai faktor, diantaranya kedekatan dari laut, seberapa tingginya dari permukaan laut, tempatnya di belahan Bumi mana, dan lain sebagainya. Suatu tempat pada satu daerah belum tentu memiliki iklim yang sama. Ya, karena disebabkan berbagai faktor tadi.

Iklim di dunia setidaknya dibagi menjadi 3 bagian utama yaitu:

1. Iklim di daerah kutub

Iklim di daerah kutub ini bisa dibedakan menjadi 2 yaitu Kutub dan zona sub-Arktik . Iklim Kutub tentu saja terjadi di kutub utara (Arktik) dan selatan (Antartika). Suhu iklim disana tidak mendukung adanya kehidupan.

Di kutub selatan, suhu selalu berada di bawah titik beku. Namun, di kutub utara, suhu bisa berubah dalam waktu yang relatif singkat dan bergerak ke atas titik beku sehingga memungkinkan es mencair. Beberapa tahun terakhir ini, berbagai study dan pengamatan membuktikan bahwa ada peningkatan temperatur udara di Arktik sehingga es banyak yang mencair.

Yang kedua zona sub kutub utara yang mencakup bagian utara Skandinavia dan Kanada, Greenland, Alaska, Siberia, dan Labrador. Pada musim dingin, danau dan sungai di daerah tersebut membeku karena suhu bisa jauh di bawah nol derajat Celcius.

Namun, di musim panas, danau dan sungai bisa mencair dan hewan-hewan dan tumbuhan yang hidup di tundra bisa memulai aktivitasnya kembali.

2. Iklim di wilayah ekuator yaitu tropis

Kita yang tinggal di wilayah yang dilalui oleh garis khatulistiwa sedang merasakan iklim ini. Daerah yang termasuk dalam iklim tropis secara astronomi berada di daerah sekitar khatulistiwa atau selisih garis lintang 23,5 derajat utara dan selatan.

Maksudnya nol derajat lintang utara sampai 23,5 derajat lintang utara dan sebaliknya pada lintang selatan.

Ada 3 macam kategori iklim tropis yaitu yang pertama di wilayah khatulistiwa (equatorial). Ciri-cirinya, setiap hari suhu relatif tinggi namun memiliki curah hujan sepanjang tahun.

Yang kedua, tropis yang sebenarnya. Wilayahnya berada di sebelah utara dan selatan khatulistiwa. Cirinya, curah hujan tinggi di musim panas dengan suhu yang tinggi pula setiap harinya. Sedangkan di musim dingin, curah hujan lebih sedikit namun ada angin yang membawa udara kering bertiup pada musim ini.

Yang ketiga, iklim gurun. Sepanjang tahunnya, hampir tidak ada hujan yang membasahi tanah pasirnya. Derah yang benar-benar kering dan panas. Wilayah yang memiliki iklim ini antara lain Gurun Sahara, Afrika Utara, Saudi Arabia, beberapa daerah di Australia dan California bagian selatan.

3. iklim di wilayah antara kutub dan ekuator

Iklim yang terjadi di wilayah antara iklim tropis dengan iklim sub-tropis ini memiliki berbagai macam kondisi iklim perpaduan antara keduanya. Contohnya di Selandia Baru, Kepulauan Inggris, dan wilayah Eropa Utara.

Baca Artikel Lainnya :

Ketika musim panas bisa menjadi kering dan panas, namun di musim dingin udara menjadi basah dan ringan. Hujan bisa turun sepanjang tahun namun tidak lebih banyak dari musim dingin.

Iklim dipengaruhi oleh salah satunya, kedekatan dari laut. Sebab laut menjadi wilayah yang cukup banyak menyerap panas Matahari. Sehingga iklim di wilayah perairan atau pesisir pantai akan lebih hangat dari wilayah lainnya meski berada dalam garis lintang yang sama.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *