Jenis dan Macam Imunisasi Untuk Bayi

Untuk para calon orangtua, sudah sepantasnya berhati-hati dalam memberikan imuninasi terhadapat bayi. Baru-baru telah adanya kasus dalam pembuatan vaksin palsu untuk bayi, dan ternyata setelah di selidiki kasus ini telah beroperasi sejak 2003, sungguh malangnya nasib bayi yang menerima vaksin palsu tersebut.

t-61

Maka dari itu sebagai orangtua harus lebih waspada terhadap obat-obatan ataupun cairan yang diberikan pada bayi. Berikut saya akan membahas tentang imuninasi, pemberian imunisasi tentu saja sangat penting untuk kesehatan bayi.

Imunisasi dilakukan, untuk mencegah terjadinya suatu penyakit dan merangsang kekebalan tubuh pada bayi.

Dan berikut adalah beberapa jenis dan macam-macam imunisasi untuk bayi:

  1. Imunisasi BCG

Imunisasi ini adalah imunisasi untuk ketahanan dari penyakit TB (Tuberkolosis), cara kerja dari vaksin ini, dengan cara memasukan basil yang tidak berbahaya ke dalam tubuh si bayi, agar memiliki kekebalan tubuh yang aktif.

  1. Imunisasi Hepatitis

Imunisais hepatitis ini, merupakan suatu langkah yang efektif untuk mencegah masuknya virus penyebab penyakit hepatitis B. Penyakit hepatitis B ini menyebabkan sirosis atau biasa disebut sebagai pengerutan hati, bahkan kejadian lebih buruknya, dapat menyebabkan kanken hati.

  1. Imunisasi Polio

Imunisasi polio akan memberikan kekebalan  pada virus polio, virus ini dapat menyebabkan kelumpuhan/ tidak dapat berjalan.

  1. Imunisasi DTP

Dengan pemberian imuninasi ini, mengharapkan penyakit seperti tetanus, difteri, dan pentusis, dapat menyingkir dari tubuh si bayi.

  1. Imunisasi Campak

Pada dasarnya, semua bayi sudah memiliki kekebalan campak dari ibunya. Namun seiring bertambahnya usia, antobodi pada ibunya semakin menurun dan sehingga tetap membutuhkan antibody tambahan lewat pemberian vaksin campak.

  1. Imunisasi HIB

Penyakit Hib ini dapat dicegah melalui pemberian imunisasi Hib. Semua bayi yang berumur 2, 3 dan 5 bulan perlu diberikan imunisasi Hib, dan Imunisasi Hib yang diberikan sebanyak 3 dos.

  1. Imunisasi Rotavirus

Rotavirus merupakan suatu penyakit yang paling banyak menyerang anak-anak dan juga dapat menyebabkan kematian.

  1. Imunisasi Pnemokokus

Vaksin pnemokokus adalah vaksin kedua yang digunakan untuk mencegah peradangan selaput otak (dan Hib adalah vaksin yang pertama).

Baca Artikel Lainnya :

  1. Imunisasi Influenza

Imunisasi influenza ini adalah suatu pencegahan penyakit influenza musiman. Penyakit Influenza (flu) adalah penyakit yang disebabkan oleh virus influenza. Ada berbagai jenis dari virus flu, dimana mereka sering ditularkan melalui udara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *