Jenis dan Macam Mesofauna Tanah

Jenis dan Macam Mesofauna Tanah – Fauna tanah merupakan hewan tanah yang mempunyai habitat di dalam tanah,baik yang berada dilapisan tas maupun yang berada dilapisan bawah. mesofauna ini dapat de bedakan dengan yang lainnya berdasarkan ukuran tubuhnya, kehadirannya di tanah, habitat yang dipilihnya dan kegiatan makannya.

Untitled

Berdasarkan ukuran tubuhnya, fauna tanah dikelompokan menjadi tiga kelompok yaitu mikrofauna, mesofauna dan makrofauna. Ukuran tubuh mikrofauna antara 0-100 µm, mesofauna antara 100 µm-2 mm sedangkan makrofauna lebih besar dari 2 mm. Mikrofauna tanah meliputi protozoa dan rotifera. Mesofauna tanah meliputi insekta, opiliones, chelonethi, diplura, protura, collembola, araneida, acari, diplopoda, tardigrada, rotifera, mollusca, nematoda serta enchytraeidae. Sedangkan makrofauna tanah meliputi chilopoda, insectivore dan lumbricidae

1). Acari 

Acari merupakan salah satu dari sejumlah besar kelompok arthropoda yang jumlahnya melebihi dari arthropoda lain dengan kata lain yang paling besar jumlahnya. Acari memiliki panjang tubuh antara 0,1-2 mm dan tubuh berbentuk bulat telur. Tubuh bulat atau sedikit memanjang dengan 4 pasang kaki .Distribusi Acari melimpah di seluruh dunia, bahkan melebihi Collembola.Kelompok Acari yang sering dijumpai di tanah yaitu Oribatida, Prostigmata, Mesostigmata dan Astigmata.Oribatida merupakan kelompok saprophagus. Sedangkan mesostigmata merupakan kelompok Acari yang hampir seluruh anggotanya merupakan predator bagi fauna lain yang berukuran kecil. Kelompok hewan ini secara langsung berperan dalam proses dekomposisi bahan organik dan dapat mempercepat proses penghancuran bahan organik.

2). Collembola

Collembola termasuk ke dalam kelas Insecta, jumlahnya cukup banyak dan penyebarannya cukup luas.Collembola dikenal juga dengan istilah Springtails (ekor pegas) karena mempunyai struktur bercabang (furka) pada bagian ventral ruas abdomen keempat. Saat istirahat furka terlipat ke depan dan dijepit oleh gigi retinakulum. Retinakulum atau tenakulum merupakan embelan berbentuk capit yang terdapat pada bagian ventral abdomen ketiga.

3). Protura 

Protura merupakan heksapoda kecil berwarna keputih-putihan, panjang 0,6-1,5 mm. Heksapoda ini hidup dalam tanah yang lembab , di bawah kulit kayu dan kayu yang membusuk. Memakan bahan organik yang membusuk dan spora fungi. Mesofauna ini jumlahnya lebih sedikit dibandingkan dengan mikroarthropoda lain yang dapat dijumpai pada akar tanaman dan serasah. Jumlahnya dilaporkan mencapai 1000 dan 7000 per meter persegi.

4). Diplura 

Diplura memiliki tubuh yang kecil, bentuk elongate, lunak dan merupakan insekta primitif. Heksapoda ini mempunyai panjang tubuh kurang dari 7 mm, terdapat stili pada ruas-ruas abdomen 1-7 atau 2-7 dan biasanya berwarna pucat. Hidup pada tempat lembab di dalam tanah, di bawah kulit kayu, di bawah batu-batuan, kayu yang membusuk serta di tempat lembab yang serupa.

5). Pauropoda 

Pauropoda mempunyai panjang tubuhnya 1-1,5 mm, berwarna keputih-putihan serta lebih kecil dari miriapoda. Mempunyai 9 pasan kaki yang berfungsi, antenna bercabang dan tubuh dengan 12 segmen.Hidup di tanah dan serasah. Sedangkan symphyla ukuran tubuhnya 1-8 mm, panjang, antena tidak bercabang, kaki 7-12 pasang, tubuh terdiri atas 15-22 pasang dan berwarna putih. Hidup pada tanah dan serasah.

Baca Artikel Lainnya :

 

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

2 thoughts on “Jenis dan Macam Mesofauna Tanah

  1. Pingback: Bagaimana Proses Reproduksi Bakteri? | Pusat Infomasi Pertanian Indonesia

  2. Pingback: Pengertian dan Definisi Tentang Gen | Pusat Infomasi Pertanian Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *