Jenis dan Macam Sumber Ikatan Kimia

Pengertian dari ikatan kimia adalah, suatu ikatan yang terjadi pada saat atom-atom suatu unsure bergabung.

Perubahan kimia atau yang biasa disebut reaksi kimia terjadi dikarenakan adanya penggabungan ataupun pemisahan dari atom-atom dengan cara-cara tertentu, sehingga terbentuklah zat yang lebih stabil.

t-62

Ikatan kimia digunakan untuk pembentukan suatu molekul dari dua atom ataupun lebih. Ikatan kimia juga terbagi menjadi beberapa buah jenis ikatan, yaitu ikatan kovalen, ikatan kovalen koodrinasi, ikatan ion, ikatan logam, ikatan gaya van der walls dan juga ikatan hidrogen.

  1. Ikatan kovalen

Ikatan kovalen ialah ikatan yang dapat terjadi akibat dari pemakaian bersama pasangan elektron pada dua atom yang saling berikatan. Ikatan kovalen juga terbentuk di antara dua buah atom yang keduanya sama-sama ingin menangkap elektron (semi logam dan juga bukan logam).

  1. Ikatan kovalen koordinasi

Ikatan kovalen koordinasi, ternyata hanya dapat terbentuk jika salah satu dari atom memiliki pasangan elektron bebas (PEB).

Ketika saling berikatan, PEB berubah status menjadi PEI. Berikut contohnya, seperti pembentukan ikatan diantara ammonia dan ion hydrogen, yang membentuk ion amonium.

Dari sebuah atom N dalam ammonia, memiliki pasangan elektron bebas dan dapat dipergunakan bersama-sama dengan ion hidrogen yang sudah kehilangan elektronnya.

Agen Poker
  1. Ikatan ion

Ikatan kimia ini terbentuk akibat dari sebuah gaya tarik, yang saling menarik antara ion positif dengan ion negatif, dan hal tersebut disebut sebagai ikatan ion.

  1. Ikatan logam

Gaya tarik menarik pada molekul-molekul polar, ternyata dapat juga terjadi diantara muatan positif dari ion-ion yang berada pada logam, dengan muatan negative dari beberapa elektron yang bergerak secara bebas. Interaksi inilah yang disebut sebagai ikatan logam.

  1. Ikatan gaya van der walls

Ikatan gaya van der walls, adalah gaya tarik menarik dan tolak menolak antara atom, molekul, dan juga permukaan antar molekul lainnya.

  1. Ikatan hidrogen

Ikatan hydrogen adalah sebuah gaya tarik menarik antara atom yang bersifat elektronegative dengan atom hidrogen yang terikat pada suatu atom yang lainnya, dan juga bersifat elektonegatif.

Baca Artikel Lainnya :

Ikatan hydrogen tidak terjadi pada satu molekul saja, melainkan dapat terjadi antara molekul satu dengan yang lainnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *