Jenis Durian Unggul Asal Indonesia

Jenis Durian Unggul Asal Indonesia – Durian merupakan salah satu buah yang banyak disukai oleh masyarakat luas walaupun terdapat beberapa yang tidak menyukai buah ini karena baunya yang menyengat. Buah yang mendapat julukan King of Fruit ini merupakan buah asli dari Asia Tenggara dan memiliki kulit yang keras dan berlekuk tajam yang seperti duri. Salah satu yang menghasilkan durian terbaik adalah Indonesia. Di negara berbendera merah putih tersebut, memiliki beberapa jenis durian unggulan yang menjadi favorit.
a

Durian monthong merupakan durian yang paling terkenal. Buah yang asli dari Kalimantan namun berhasil dikembangkan di Thailand ini, memiliki rasa yang manis dan juga harum yang disukai oleh penikmat durian. Buah yang dapat memiliki berat hingga 13 mampu berproduksi ketika pohon berusia 4-5 tahun setelah ditanam. Buah yang dihasilkan cukup banyak di setiap panennya. Buah yang berbentuk bulat panjang hingga persegi ini dapat beradaptasi di berbagai tempat.

Selain durian montong, terdapat juga durian petruk yang berasal dari Jepara, Jawa Tengah. Ciri-ciri dari durian ini yaitu memiliki rasa manis namun agak pahit, bentuknya lonjong seperti belimbing, baunya menyengat. Hal yang menjadi alasan buah ini menjadi salah satu durian unggul di Indonesia adalah karena durian jenis ini memiliki daging buah yang tidak lembek, biji kecil dan daging yang tebal.

Durian yang berasal dari Banyumas adalah durian bawor durian jenis ini juga dikenal sebagai durian montongnya Banyumas atau durian monthong orange. Durian jenis ini memiliki ketinggian pohon sekitar 2-3 m dan dapat berbuah setelah 3-4 tahun dan dalam setahun dapat melakukan panen sebanyak 3 kali. Rasa durian yang manis dan daging buah tebal dengan biji yang kecil. Beberapa jenis durian bawor yaitu:

  • Durian bhinneka bawor yang hasil silang dari berbagai jenis durian berkualitas bagus.
  • Durian bawor berkaki empat adalah durian yang mempunyai batang sambungan dengan tanaman durian yang lain yang kemudian menjadi kaki baru dari pohon durian utama. Tujuannya yaitu untuk dapat mempercepat pertumbuhan tanaman. Semakin tua umur pohon, maka buah yang dihasilkan akan semakin lebat.

Jenis durian unggul lainnya yang berasal dari Indonesia, yaitu:

  • Durian mimang dari Banjarnegara, Jawa Tengah dengan rasa manis, legit, biji dan kulit kempes dan daging buah yang tebal yaitu sekitar 2-3 cm dan pernah memenangkan juara 2 lomba durian se-Asia Tenggara.
  • Durian candy atau Candimulyo dari Magelang, Jawa Tengah dengan rasa manis agak pahit. Memiliki buah besar dengan daging yang tebal serta isi durian yang kecil.
  • Durian si Mas adalah durian yang berasal dari Bogor. Durian ini memiliki daging yang kenyal dan berwarna kuning.

Baca Artikel Lainnya :

Loading...

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *