Jenis Hama dan Penyakit Tanaman Pepaya dan Bagaimana Cara Mengatasinya

Jenis Hama dan Penyakit Tanaman Pepaya dan Bagaimana Cara Mengatasinya – Berbagai ancaman hama dan penyakit yang mengganggu pertumbuhan pasti akan ditemui di berbagai jenis tanaman, termasuk tanaman papaya atau pepaya yang anda miliki saat ini. Berbagai jenis hama dan penyakit tentu saja dapat memberikan pengaruh yang buruk terhadap pertumbuhan dari tanaman yang anda miliki sehingga buah yang dihasilkan tidak akan sempurna dan dapat dinikmati dengan baik. Oleh karena itu, kenalilah masalah hama dan penyakit tanaman pepaya mulai sekarang supaya pengendalian dan penanganannya bisa dilakukan semaksimal mungkin.

a

Hama tanaman pepaya

Ada banyak jenis hama yang bisa mengancam pertumbuhan tanaman pepaya dan setidaknya terdapat 3 jenis hama yang sering mengganggu dan mungkin anda temukan, yaitu kutu putih, tungau dan lalat buah. Ketiganya merusak tanaman pepaya dengan berbagai cara, antara lain:

  • Menghisap cairan sel di dalam jaringan daun, batang dan buah pepaya menggunakan mulutnya.
  • Membuat daun akan terlihat mengerut.
  • Membuat kulit luar buah pepaya dan dagingnya rusak.
  • Membuat pertumbuhan tanaman pepaya mati jika tidak ditangani dengan maksimal.

Biasanya hama kutu putih, tungau dan lalat buah muncul di musim kemarau dan hilang sendirinya di kala musim penghujan. Berikut ini beberapa penanganan dan pengendalian hama tanaman pepaya yang bisa dilakukan, yaitu:

  1. Kutu putih, hama kecil berwarna putih menyerupai selaput benang yang lembut. Kutu putih bisa diatasi dengan menggunakan insektisida alika sesuai dosis yang dianjurkan.
  2. Tungau, hama kecil mirip laba-laba berwarna merah, coklat atau hijau. Tungau bisa diatasi dengan menghembuskan tepung belerang atau menyemprotkan akarisida di bagian daun yang terserang hama.
  3. Lalat buah, hama yang sangat merusak bagian buah. Cara mengatasinya memakai perangkap botol plastik memakai petrogenol dan kapur barus.

Penyakit tanaman pepaya

Kelompok tanaman penyakit dapat di indentifikasi sebagai kelompok jamur, yaitu layu bakteri, rebah batang, busuk pangkal batang dan busuk buah atau antraknosa. Penyakit tersebut bisa muncul ketika musim penghujan karena banyaknya air tanah mengakibatkan kondisi tanaman lembab dan mempercepat perkembangbiakan jamur dan bakteri pada tanaman. Untuk menanggulanginya, pastikanlah pengaturan drainase dilakukan dengan baik dan pastikan tidak ada genangan air di sekitar tanaman pepaya.

Itulah beberapa hal penting mengenai hama dan penyakit tanaman pepaya yang harus anda ketahui sekaligus cara penanganan dan pengendalian yang bisa anda lakukan untuk mencegah kerusakan yang terjadi pada tanaman papaya yang anda miliki. Selain melakukan hal tersebut, lakukanlah penyemprotan fungisida dan insektisida secara rutin bergantian untuk mencegah hal-hal yang tidak diharapkan seperti timbulnya masalah hama atau penyakit yang dapat mengganggu pertumbuhan tanaman dan merusak buah yang dihasilkan sehingga kerugian dan resiko yang ditimbulkan bias segera diminimalisir dengan baik.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *