Jenis Jamur yang Penting di Dalam Tanah

Jenis Jamur yang Penting di Dalam Tanah – Tanah merupakan salah satu unsur penting yang terdapat di dalam kehidupan. Seperti yang diketahui, bahwa tanpa adanya tanah yang kuat, kita sebagai makhluk hidup tidak akan bisa berpijak dengan tenang dan benar. Sedangkan sebagai manusia yang mengikuti gravitasi bumi, kita pasti akan membutuhkan tanah untuk dapat berdiri dengan tegak. Selain itu, tanah ini pun berfungsi sebagai lahan yang dapat dimanfaatkan menjadi halaman luas untuk kita dapat bercocok tanam.

jamur

Bercocok tanam inipun menjadi penting peranannya bagi kehidupan manusia, karena manusia butuh untuk mengkonsumsi buah dan sayur yang tentunya bisa tumbuh dan berkembang di atas tanah yang subur. Namun, tahukah anda bahwa tanah yang subur pun harus memiliki hubungan dengan jamur yang dapat menjadikan tanah tersebut baik untuk digunakan? Jamur ini pun tidak akan memberikan kerugian pada tanaman, melainkan jamur ini akan memberikan hubungan simbiosis mutualisme atau bisa juga disebut dengan keadaan yang saling menguntungkan antara tanah, jamur dan tanaman.

Jamur yang dibutuhkan oleh tanah disebut juga sebagai mikoriza, dimana pengertian dari mikoriza itu sendiri yaitu suatu hubungan antara jamur tanah dengan akar tumbuhan tingkat tinggi. Jamur ini memiliki peran penting dalam kelangsungan hidup akar yang tertanam pada tanah, hal tersebut dimungkinkan karena jamur tersebut dapat melindungi tanaman dari jamur yang kurang baik dan tentunya karena adanya perlindungan dari mikoriza tersebut, maka tanaman pun memberikan asupan nutrisi yang tepat bagi jamur akar tersebut.

Selain itu, mikoriza ini pun sebenarnya terbagi menjadi dua jenis, diantaranya yaitu:

  • Jenis ektomikoriza, jenis jamur ini banyak ditemukan pada kawasan hutan, sedangkan
  • Jenis endomikoriza merupakan jenis jamur yang akan anda temukan di tanaman perkebunan dan buah-buahan dan juga rumput-rumputan.

Dengan mengamati kedua jenis mikoriza tersebut, dapat diketahui bahwa jamur akar ini tentunya sangat berguna baik itu di hutan maupun di dalam perkebunan anda untuk menghasilkan pohon dan tanaman yang kuat serta kokoh untuk terhindar dari kekeringan, serangan virus atau bakteri jahat pada tanaman dan juga menghasilkan hormon yang baik bagi struktur tubuh tanaman.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *