Jenis – Jenis Alga Yang Berguna Untuk Kehidupan

Alga adalah salah satu makhluk hidup yang hampir kebanyakan tinggal di tempat lembab dan berair, seperti air laut dan air tawar. Mereka juga adalah salah satu pemeran dalam rantia makanan.

o 65

Jenis – jenis alga :

1. Alga Hijau (Green Algae)

Alga hijau masuk kedalam kingdom Plantae, divisio Clorophyta, class Chlorophyceaeyang memilki pigmen klorofil A dan B, karoten dan Xantofil. Alga hijau merupakan salah satu alga yang dapat melakukan proses fotosintesis dan hidupnya 90 % pada air tawar misalkan, danau dan 10 % pada air laut.

Kebanyakan mereka yang hidup di air menjadi plankton dan menempel pada batu maupn tanah. Alga hijau merupakan alga yang paling banyak hidup diantara banyak jenis alga serta menggunkan konjugasi dan fragmentasi dalam proses reproduksi. Contoh alga hijau : Spiroggyra, Euglena, Hydrodictyon, Chlorella, Oedogonium dan Chlamidomonas.

2. Alga Coklat (Brown Algae)

Alga coklat masuk kedalam kingdom Plantae, divisio Phaephyta, class Phaeophyceae yang memiliki pigmen klorofil A, klorofil B, Fikosantin (coklat) dan Xantofil. Alga coklat banyak tinggal di daerah yang memiliki iklim dingin seperti antartik dan artik.

Alga coklat memiliki sekitar 500 genus sekitar 5.600 spesies yang hidup di air tawar dan laut. Bentuk dari alga coklat menyerupai benang – benang atau lembaran yang memiliki panjang puluhan meter. Contoh dari ganggang coklat adalah Fucus, Turbinaria, Laminaria, Sargasum.

3. Alga merah (Red Algae)

Alga merah yang masuk kedalam kingdom Plantae dan divisio Rhodophyta mengandung pigmen klorofil A danl D, karoten dan fikoeritrin. Kebanyakan alga merah hidup di laut tropika dan sisanya hidup di air tawar yang memiliki aliran deras mengandung banyak oksigen. Contoh alga merah adalah Chondrus, Batrachospermum, Eucheuma, Nemalion, Porphyra, Gracililaria.

Baca Artikel Lainnya :

4. Alga Keemasan

Alga keemasan yang memiliki nama latin Chrysophyta adalah salah satu alga yang memiliki sel tunggal atau banyak dan mengandung pegmen Klorofil A, klorofil C, karoten, Xantofil, fikosantin.

Mereka hidup di tempat yang basah, seperti laut dan air tawar, mereka juga merupakan fitoplankton. Contoh ganggang keemasan : Ochromonas, Vaucheria, Diatome.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *