Jenis-jenis Bioteknologi dalam Kehidupan

Jenis-jenis Bioteknologi dalam Kehidupan – Bioteknologi merupakan sebuah ilmu dalam dunia ini yang dibahas dalam cabang ilmu sains atau Ilmu Pengetahuan Alam. Ada beberapa orang yang saat ini memanfaatkan bioteknologi dengan sebaik mungkin untuk memenuhi beberapa kebutuhan manusia seperti mengenai dunia farmasi atau pertanian.

12

Jika ingin mempelajari mengenai cabang ilmu ini memang kita harus mengetahui dahulu apa sebenarnya bioteknologi. Sampai saat ini ada beberapa jenis dari bioteknologi ini mulai dari bioteknologi modern dan konvensional. Namun kali ini kita akan membahas mengenai jenis-jenis yang ada pada bioteknologi.

Bioteknologi merah

Ini adalah salah satu cabang yang bisa kita pelajari dalam sebuah cabang ilmu bioteknologi. Pada cabang ini kita akan lebih banyak mempelajari mengenai dunia farmasi mulai dari cara membuat obat dan juga vaksin yang berguna untuk tubuh kita.

Perkembangan bioteknologi ini banyak sekali ditemukan di kawasan China dimana banyak sekali terdapat penelitian disana. Pada sektor ini juga kita bisa menemukan obat-obat untuk beberapa penyakit yang cukup parah seperti penyakit hepatitis B, Kanker, Hemofilia dan masih banyak lagi. Salah satu hasil dari bioteknologi ini adalah bisa membantu dalam menyembuhkan kanker pada payudara wanita.

Bioteknologi Hijau

Sesuai dengan warna yang digunakan kebanyakan cabang dari bioteknologi ini dimanfaatkan dalam dunia pertanian dan juga hewan. Salah satu yang menjadi kemudahan bagi mereka yang ingin menggunakan cabang ini adalah dapat diterapkan pada tanaman dan juga hewan. Melalui cabang ini kita bisa menghasilkan berbagai kemudahan dalam mengolah tanaman agar memberikan keuntungan pada manusia.

Salah satu yang paling banyak digunakan adalah bisa digunakan untuk memperbanyak jumlah tanaman dalam waktu yang sangat singkat sekali. Biasanya mereka bisa menanam sampai dengan 3 bulan sampai berbuah namun kini bisa dipersingkat menjadi 2 bulan. Produk yang paling terkenal dari cabang bioteknologi ini adalah pembudidayaan jamur.

Bioteknologi putih

Ini adalah salah satu cabang bioteknologi yang mempelajari mengenai dunia industri dimana kita bisa melihat beberapa perkembangan dalam dunia industri. Jika kita mempelajari dengan lebih dalam maka kita bisa memanfaatkannya dengan baik. Pada cabang ini kita bisa menggunakan beberapa produk kimia dan juga enzim yang menjadi bahan dalam peremajaan beberapa produk industri.

Selain itu kita juga bisa menggunakan mikroorganisme yang akan sangat membantu dalam mengembangkan beberapa produk. Salah satu produk yang dihasilkan dari proses ini adalah adanya bioplastik dan juga biodiesel yang akan sangat berguna bagi beberapa industri. Sehingga cabang ilmu ini juga seringkali disebut sebagai bioteknologi industri.

Bioteknologi biru

Sesuai dengan namanya cabang bioteknologi yang satu ini kebanyakan digunakan dalam dunia perairan atau kelautan dimana biasa digunakan oleh nelayan. Menggunakan beberapa teknologi yang dihasilkan kita bisa membuat kondisi ikan dengan berbagai gen yang ada pada tubuhnya menjadi lebih baik. Selain itu cabang bioteknologi ini juga bisa digunakan untuk ikan air tawar yang ada. Keuntungan jika menggunakan cabang biotek ini adalah kita bisa meningkatkan kualitas ikan dan juga binatang laut lainnya.

Itulah beberapa cabang dalam bioteknologi yang akan membuat kehidupan manusia lebih baik lagi karena biasanya cabang ini akan membantu manusia lebih baik lagi. Apabila ingin menggunakan cabang ini ada baiknya jika kita mempelajari dengan baik lagi agar pengaplikasiannya tidak salah dan bisa menjadi salah satu hasil yang sangat memuaskan pada cabang yang kita gunakan.

Baca Juga :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *