Jenis-Jenis Media Kultur Bagi Tanaman

Dalam menerapkan metode kultur jaringan untuk membudidayakan tanaman, membutuhkan media untuk menanam bibit tanaman tersebut. Media adalah faktor penting dalam memperbanyak jenis tanaman dengan kultur jaringan.

g 89

Media tanam yang digunakan dalam kultur jaringan memiliki pengaruh yang cukup besar dalam pertumbuhan dan perkembangan dari bibit yang akan dihasilkan. Oleh sebab itu perlu diketahui beragam jenis media yang digunakan untuk menerapkan kultur jaringan.

Secara umum media yang digunakan memiliki nama dari penemunya, yang terdiri dari beragam komponen kimia didalamnya, dimana hanya jumlah kadarnya aja yang berbeda antara media yang satu dengan yang lainnya.

Bahan dan komponen yang digunakan dalam membuat media tanam berupa agar-agar, gula, arang aktif, serta bahan lainnya yang meliputi vitamin, mineral, dan hormon.

Wadah yang dijadikan tempat untuk menempatkan bibit perlu disterilkan terlebih dulu, entah berbentuk botol, atau tabung reaksi agar tidak terjadi kontaminasi yang akan menghambat proses pertumbuhan tanaman.

Selain itu komposisi yang ditempatkan dalam medium pembibitan perlu diperhitungkan dari segi jenis bahan dan konsentrasinya. Berikut beberapa media yang digunakan untuk penempatan bibit atau sel jaringan pada metode kultur jaringan, antara lain :

  • Media Knop, merupakan media yang digunakan umumnya dalam menumbuhkan kultur kalus wortel. Umumnya komposisinya adalah garam dengan konsentrasi rendah dengan ditambahkan suplemen seperti gelatin, glukosa, dan sejenisnya.
  • Media white, merupakan media yang digunakan untuk kultur jaringan tumor pada bunga matahari. Unsur makro yang dibutuhkan pada media ini lebih tinggi dibandingkan dengan tanaman tembakau. Unsur kimia yang dibutuhkan pada media ini antara lain seperti cadmium (Ca), Hidrogen (Hg), dan sebagainya.

Baca Artikel Lainnya :

  • Media Knudson, merupakan media yang umumnya digunakan untuk kultur tanaman anggrek. Dengan penambahan unsur Nitrat (N) pada proses pemupukan akan membuat anggrek yang ditanam akan tumbuh dengan baik, khususnya dalam proses perkecambahan sangat baik bila ditambahkan unsur kimia NH4+.

Dengan memahami beragam media untuk penempatan bibit tanaman tersebut dapat meyakinkan masyarakat dalam membudidayakan tanaman dengan kultur jaringan tidaklah sulit.

Loading...

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *