Jenis-Jenis Perkembangbiakan/Reproduksi Tanaman

Jenis-Jenis Perkembangbiakan/Reproduksi Tanaman – Pernahkah Anda mengamati sepasang pengantin baru? Jumlah keluarga mereka pada awalnya hanya dua orang saja, selang empat tahun menjadi empat orang. Peristiwa seperti itu disebut berkembangbiak, selain manusia, hewan dan tumbuhan pun sama. Mereka berkembangbiak dengan tujuan untuk mempertahankan keturunan agar tidak punah. Pada kesempatan ini yang akan dibahas adalahjenis-jenis perkembangbiakan tanaman/reproduksi tanaman.

Untitled

Jenis-jenisperkembangbiakan/reproduksi tanaman ada dua macam yaitu berkembangbiak secara generatif dan vegetatif. Perkembangbiakan yang secara generatif adalah merupakan perkembangbiakan yang dilakukan dengan cara kawin yaitu melalui proses penyerbukan. Perkembangbiakan vegetatif adalah berkembangbiak dengan cara tidak kawin melalui bagian tumbuhan sendiri. Selanjutnya di bawah ini akan dikupas secara mendalam untuk menambah pengetahuan Anda yuk baca artikel ini sampai selesai.

Jenis-jenis perkembangbiakan/reproduksi tanaman yang pertama adalah perkembangbiakan generatif. Yang termasuk dalam perkembangbiakan ini adalah tanamanberbiji. Diawali dengan penyerbukan, yaitu serbuk sari jatuh ke kepala putik. Putik adalah alat kelamin betina dan benang sari adalah alat kelamin jantan. Kemudian terjadi pembuahan yang menjadi buah berbiji. Jika biji tanaman telah masak kemudian ditanam maka akan tumbuhtanaman baru.

Jenis-jenis perkembangbiakan/reproduksi tanaman yang kedua adalah perkembangbiakan vegetatif. Perkembangbiakan vegetatif ada dua macam yaitu:

  1. Perkembangbiakan vegetatif alami

Alat perkembangbiakannya adalah umbi batang dan jalar, spora, tunas, akar tinggal. Pernahkah Anda mengamati pohon pisang? Di dekat pohon pisang biasanya terdapat tunas. Jika tunas itu ditanam maka akan tumbuh. Contoh lainnya adalah tanaman paku-pakuan yang berkembangbiak melalui spora. Jika spora jatuh tertiup angin atau jatuh dengan sendirinya ke tanah maka akan menjadi tanaman baru.

  1. Perkembangbiakan vegetatif buatan

Stek, mencangkok, mengenten adalah perkembangbiakan vegetatif buatan terjadi dengan campur tangan manusia. Tumbuhan yang memiliki kambium dapat dicangkok, seperti pohon mangga, pohon jambu, dll. Stek adalah perkembangbiakan tanaman yang dilakukan dengan cara menanam kembali bagian batang, daun, atau tangkai pada tanaman. Seperti singkong distek pada bagian batang, lidah mertua distek pada bagian daun, dan mawar dstek pada bagian tangkai. Mengenten adalah menggabungkan dua tanaman yang memiliki jenis sama atau berbeda, seperti tomat dengan terong.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *