Jenis-Jenis Pewarna Makanan yang Berbahaya Untuk Kita

Terkadang beberapa produsen makanan menggunakan beberapa pewarna makanan buatan untuk memunculkan warna dan membuat makanan terlihat menarik. Terutama untuk makanan yang menjadi komoditi anak-anak, memiliki warna yang menarik adalah sebuah keharusan.

t-78

Namun, ada beberapa pewarna makanan buatan yang ada dalam kadar tidak aman untuk dikonsumsi. Beberapa di antaranya ada dalam ulasan berikut ini menurut buku “Food Safety” karangan Julie Jones, seorang professor emeritus dari St. Catherine University di Minnesota.

  • Kuning #5 (Tartazine);

Banyak negara yang melarang pewarna buatan kuning nomor 5 (Tartazine), termasuk Norwegia dan Austria karena mengandung senyawa Benzidine dan 4-Aminobiphenyl. Kedua senyawa tersebut menurut penelitian akan menyebabkan intensifikasi genetoxicity atau perusakan genetika material sel dan potensi mutasi DNA yang sehat.

  • Merah #40;

Jenis pewarna ini banyak sekali ditemukan pada makanan, seperti koktail buah, grenadine, eskrim, dan permen. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa pewarna makanan ini mengandung Carsiogenic p-Cresidine yang dikhawatirkan memicu tumbuhnya tumor dan merusak system imun tubuh.

  • Azodicarbonamide;

Dilarang di banyak negara di dunia, termasuk Australia dan Inggris, jenis pewarna ini biasa dipakai untuk mencerahkan dan memutihkan tepung. Kandungan kimia yang ada pada produk ini dapat membuat tepung menjadi lebih bersih dan cerah ketika digunakan dalam adonan roti.

Namun, ketika digunakan, produk ini menyemburkan kandungan gas yang dapat menyebabkan alergi asma dan juga menganggu kesehatan kulit.

  • Hijau (Fast Green);

Pewarna makanan berwarna hijau ini sangat sering ditemukan pada makanan seperti kue pandan dan makanan yang menggunakan bahan the hijau (green tea).

Karena kesannya yang sangat natural, pewarna makanan ini terlihat sangat aman dan tak berbahaya, malahan justru member kesan organik. Padahal, bila dikonsumsi secara rutin dapat menimbulkan risiko penyakit tumor dan kandung kemih.

Baca Artikel Lainnya :

Itulah beberapa jenis pewarna makanan yang berbahaya untuk dikonsumsi. Maka, waspadalah jika Anda menmukan makanan dengan warna yang sangat mencolok. Selalu cek kembali bahan baku yang digunakan dan jangan tertipu oleh tampilan warna yang menarik.

Loading...

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *