Jenis-jenis Terasering

Jenis-jenis Terasering – Berjalan-jalan di daerah pegunungan sangatlah mengasyikkan dan begitu menakjubkan. Kagum akan indahnya pemandangan, udara yang masih bersih tanpa polusi dan segar adalah suatu kenikmatan tersendiri. Melihat sawah-sawah yang terasering di lereng gunung atau di tengah lembah. Sawah terasering merupakan budaya bagi daerah pegunungan. Sawah terasering tidak hanya satu bentuk saja karena ada beberapa jenis-jenisterasering.

1

Terasering adalah kondisi tanah yang dibuat seperti tangga atau bangunan konservasi air dan tanah yang bertujuan untuk memperkecil kemiringan pada lereng dan memperpendek panjang pada lereng dengan pengurukan dan penggalian tanah yang melintangi lereng. Pembuatan teras bertujuan untuk memperbesar serapan air dan mengurangi laju kecepatan aliran pada permukaan sehingga hilangnya tanah berkurang. Jenis-jenis terasering memiliki tipe kemiringan yang berbeda dengan tujuan yang berbeda pula.

Jika akan menanam pada terasering dibuat teras-teras untuk mengurangi panjang pada lereng.Jenis-jenis terasering ada enam yaitu:

  1. Teras datar dibuat dengan kemiringan tanah kurang dari 3% dan bertujuan memperbaiki sistem aliran air dan pembasahan pada tanah. Pembuatan teras datar tanah digali menurut garis tinggi dan galiannya ditimbun ke tepi luar sehinnga air dapat terkumpul.
  1. Teras kridit dibuat dengan kemiringan tanah 3-10% dan bertujuan menjaga kesuburan tanah. Teras kredit dibuat mulai dengan pembuatan jalur penguat teras sejajar dengan garis tinggi dan ditanami ciliandra.
  1. Teras guludan dibuat dengan kemiringan 10-15% dan bertujuan mencegah lapisan tanah agar tidak hilang.
  1. Teras bangku dibuat dengan kemiringan 10-30% untuk mengantisipasi serta mencegah terjadinya erosi.
  1. Teras individu dibuat dengan kemiringan 30-50% untuk area perkebunan yang curah hujannya terbatas dan penutupan tanahnya tergolong baik sehingga dapat dibuat teras individu.
  1. Teras kebun dibuat dengan kemiringan 30-50% untuk area perkebunan.

Sawah-sawah terasering mempunyai keindahan yang berbeda dari sawah-sawah yang biasanya. Saat padi mulai menguning mengisyaratkan tentang suatu masa kesuksesan. Jenis-jenis terasering berselang-seling dengan padi yang menguning. Mata kita dimanjakan oleh panorama yang menakjubkan. Bagaikan panorama yang memiliki keindahan warna, kuning dan hijau menghiasi sawah terasering sehingga menciptakan keindahan yang unik dari daerah pegunungan.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *